DAKWAH BANJAR

Sebuah Media Informasi. | مَنْ دَلَّ عَلَى خَيْرٍ, فَلَهُ مِثْلُ أَجْرِ فَاعِلِهِ |"Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, maka ia mendapatkan pahala seperti pahala orang yang melakukannya."

Kamis, 24 September 2020

JANGAN KAU RUSAK ANAK MU DENGAN DO'A MU

 

-- Nasehat Untuk Orang Tua --


Seharusnya bagi setiap orang tua mendo'akan (kebaikan) untuk anak-anaknya dan tidak mencaci mereka, seperti mendo'akan untuk anaknya kehancuran, bodoh dan lain sebagainya sekalipun dalam keadaan marah atau susah mestinya bagi orang tua menghindarinya karena do'a orang tua diijabahi Allahﷻ lebih² kalau tepat waktu Allah ﷻ mengijabahi akhirnya mendapatkan penyesalan dan kerugian karena terburu mendo'akan jelek pada anaknya.

Berapa banyak cerita bahwasannya orangtua melakukan hal tersebut sehingga anaknya sakit, meninggal, gila dan lain sebagainya dari kejelekan karena sebab do'anya orangtua.


Wajib atas orang tua selalu mendo'akan kebaikan untuk anaknya walaupun dalam keadaan emosi dengan mengatakan kepada mereka seperti : ''𝐴𝑙𝑙𝑎ℎ 𝑌𝑎ℎ𝑑𝑖𝑘", "'𝐴𝑙𝑙𝑎ℎ 𝑌𝑎𝑟ℎ𝑎𝑚𝑢𝑘" dan lainnya, sehingga tepat dengan waktu yg di ijabahi anaknya menjadi beruntung karena sebab do'anya.


Diceritakan oleh Ulama' : Seseorang datang ke salah satu ulama' mengadu tentang kejelekan akhlaq dan adab anaknya, ulama' tersebut bertanya : 'Mungkin kamu mendo'akan jelek untuknya?' Lalu seorang tersebut menjawab : 'Ya', (Ulama' menjawab) "Kamu yang merusaknya" kata Ulama tersebut"


Wajib bagi orangtua membantu anaknya agar bisa berbakti kepadanya dan tidak memaksakan mereka dari apa yang tidak mampu mereka kerjakan, berbicara santun dengan mereka dan memanggil dengan kata² yg baik, dalam Hadits Nabi SAW :


ﺭﺣﻢ ﺍﻟﻠﻪ ﻭﺍﻟﺪﺍ ﺍﻋﺎﻥ ﻭﻟﺪﻩ ﻋﻠﻰ ﺑﺮﻩ ﻗﺎﻟﻮﺍ

: ﻛﻴﻒ ﻳﺎﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ؟ ﻗﺎﻝ : ﻳﻘﺒﻞ ﺍﺣﺴﺎﻧﻪ

ﻭﻳﺘﺠﺎﻭﺯ ﻋﻦ ﺇﺳﺎﺀﺗﻪ


Allah ﷻ merohmati orang tua yang membantu anaknya agar berbakti. Para sahabat bertanya : "Bagaimana itu wahai Rosulullah?" beliau bersabda : "Menerima kebaikan dan memaafkan kesalahannya".


Jagalah, perhatikan, didik anak kalian dengan pendidikan yang baik dan jagalah mereka dari teman yang jelek.


Mudah²an Allah ﷻ menjaga anak² kita dari kejelekan dan menjadikannya tergolong anak sholeh & sholehah. 

Aaamiin..



http://t.me/ilmu_tareem

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DAKWAH BANJAR | هذا من فضل ربي