DAKWAH BANJAR

Sebuah Media Informasi. | مَنْ دَلَّ عَلَى خَيْرٍ, فَلَهُ مِثْلُ أَجْرِ فَاعِلِهِ |"Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, maka ia mendapatkan pahala seperti pahala orang yang melakukannya."

Sabtu, 21 November 2020

Mendidik Anak Menjadi Seorang yang Alim

 *DIWASIATKAN OLEH AL -IMAM AL-HABIB ABDULLAH B ALWI ALHADDAD , AL-IMAM AL-HABIB ALI B MUHAMMAD AL-HABSYI,  DAN SAYYIDI AL-IMAM ALHABIB UMAR*

Bila ingin anak-anak keturunannya menjadi Ulama , Sholihin /Sholihat, dan kelak bisa memberikan syafa'at kepada ahlu baitnya , Qurrata 'ainLi Sayyidina Muhammad saw,  ikuti 10wasiat AAL BAA-'ALAWY dan amalkan /ajarkan kepada anak-anaknya di rumah..


*ADAT /KEBIASAAN SALAF AAL BAA'ALAWY* 


*10WASIAT-WASIAT  TERKAIT TARBIYAH MEREKA KEPADA ANAK CUCU MEREKA..  * 


1.Menuntun anak-anaknya yang masih kecil  kalimat Rodhiitu billahi Robban,  wa bil islami diinan,  wa bi sayyidina Muhammadin shollallahu 'alaihi wa sallam nabiyyan wa rasulan,  kemudian juga menuntunkan 2 kalimat syahadat dan menghafal nasab Rasulullah saw yang mulia..


2. Wasiat Kedua :


Mereka mendidik saat memanggil orang-orang yang lebih tua usianya dg panggilan atau sebutan yang pantas buat mereka,  seperti dg kata-kata "Yaa'Ammiy" (Wahai Pamanku) ..

Kemudian mereka juga mendidik anak-anak mereka untuk mencium tangan orang-orang tua dari kerabat yang mahrom atau tangan mereka orang-orang Sholeh dan Ulama..


3. Wasiat  Ketiga :


Mereka mendidik anak-anak cucu /keturunandan para pecinta nya, dengan cara mengatur,  membagi waktu dengan tertib,  agar tidak terbuang sia-sia,  

Khususnya waktu belajar,  waktu mengajar,  waktu untuk beribadah,  waktu membaca wirid,  dan waktu untuk istirahat..


4. Mereka mendidik anak-anak cucunya dan para pecintanya,  dengan tidak membawa anak-anak mereka ke pasar,  atau ke tempat-tempat umum seperti mall,  atau yang lain kecuali didampingi oleh ayah atau ibunya atau guru (mu'allimnya)  atau yang mewakili mereka seperti kakaknya,  atau pamannya,  atau sahabat karib ayahnya dan lain-lain..


5. Mereka menjaga dan memelihara agar anak-anak dan keturunan serta para pecinta (muhibbiin) mereka untuk tidak bersahabat dengan orang-orang yang berbeda faham (dlm hal aliran /aqidah) 

serta mereka melarang anak-anak cucunya bergaul dengan orang-orang yang berperangai buruk,  dan mereka yang tidak patut dijadikan sebagai sahabat..


6. Memisahkan posisi / tempat antara laki-laki dan tempat perempuan dg menggunakan pembatas (tabir)..

Dan mengenai hubungan apa saja antara laki-laki dan wanita dituntunkan oleh mereka harus sesuai dengan ketentuan syariat yakni tidak boleh terjadi ikhtilat (campur baur) antara laki dan wanita. Serta haramnya khalwat (berduaan menyepi antara laki-laki dan wanita) 

Membatasi hubungan antara lawan jenis (laki-laki dan perempuan yg tidak ada hubungan mahrom tsb)  karena khawatir timbulnya potensi fitnah seperti misalnya saling memandang dsb...


7. Para salaf mendidik kita dan mereka sangat menganjurkan bagi orang tua (ayah atau ibu)  untuk selalu mendo'akan putra -putrinya yang masih kecil,  dan mengajarkan do'a yang sangat agung ini kepada mereka yang sdh dewasa (sudah menikah/ berkeluarga) agar mereka mendapatkan karunia yang besar dari Allah,  dan agar supaya mereka (putra /putrinya) mengerti bagaimana cara menjauhi hal-hal yang buruk dlm kehidupan ini,  sehingga (sebelum orang tuanya wafat sudah melihat) buah hatinya menjadi anak-anak yang baik dan dapat membawa ummat menuju kebaikan,  serta menjadi anak yang sholeh tatkala zaman telah rusak.. 

Dan inilah do'a yang agung yang diijazahkan Sayyidi Alhabib Salim bin Abdullah Asy-Syatiri

👇 (terlampir di geleri di bawah ini)


8.  Menyampaikan pendidikan kepada putra-putrinya yg sudah mendekati usia baligh (dewasa)  akan 7 hal di atas , berikut pula hal-hal apa saja yg berhubungan dg perkara-perkara Syari'at ketika nanti mereka di masa  baligh ..


-Alwi bin Ali AlHabsyi- Alwi Bin Ali Solo


(Pembina Majelis Taklim AlHidayah dan Pondok Pesantren Riyadhul Jannah, Solo)



http://t.me/ilmu_tareem

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DAKWAH BANJAR | هذا من فضل ربي