Sadangae bakapung hambayang-hambayang dunia
Tabarusuk, tajuramba, kada harapan kawa maingkuti
bahujung bangkang muha
dijilat api
Mbah ya kolo
BAJAUH MAAMBUH GARING
Cuba lihati bubuhan yang badasi
batatajak ngaran tatampang
antui-antui mahimati
katuju wan duit kurupsi
satumatannya kawa marasai
sakitnya tabawa kamati
Mbah ya kolo
Tahulah!
Sudah disambatakan tumatan dahulu
kuwitan, ulama-ulama manasihati
dunia ini jangan diulah pamainan
nang babau tahi
buruk, tambuk, haruk babau gardu
Mbah ya kolo
Kadida kahidupan dunia
hanya mata benda yang membunguli
خَيْرُ النَّاسِ أَحْسَنُهُمْ خُلُقاً وَأَنْفَعُهُمْ لِلنَّاسِ | Sebaik-baik manusia itu, adalah yang terlebih baik budi pekertinya dan yang lebih bermanfaat bagi manusia.
DAKWAH BANJAR
Senin, 17 Desember 2012
Jumat, 30 November 2012
SANGGAR ARRUMI RENCAKAN PAGELARAN SENI AKHIR TAHUN 2012
SANGGAR ARRUMI RENCAKAN PAGELARAN SENI AKHIR TAHUN 2012
Seperti tahun-tahun lalu, Sanggar Ar Rumi STAI Darussalam merencanakan mengadakan Pagelaran Seni akhir Tahun. kegiatan ini merupakan salah satu upaya meramaikan malam TAHUN BARU sekaligus untuk mengembangkan seni budaya di Kabupaten Banjar.
Kegiatan ini juga untuk ajang silaturahmi antar komunitas seni, karena tidak hanya dari pihak penyelenggara (Sanggar Arrumi 'singk;SAR') tapi ada juga dari komunitas lain yang turut meramaikan Pagelaran seni ini dengan menampilkan kebolehan-kebolehan mereka di panggung seni.
Seperti tahun-tahun lalu, Sanggar Ar Rumi STAI Darussalam merencanakan mengadakan Pagelaran Seni akhir Tahun. kegiatan ini merupakan salah satu upaya meramaikan malam TAHUN BARU sekaligus untuk mengembangkan seni budaya di Kabupaten Banjar.
Kegiatan ini juga untuk ajang silaturahmi antar komunitas seni, karena tidak hanya dari pihak penyelenggara (Sanggar Arrumi 'singk;SAR') tapi ada juga dari komunitas lain yang turut meramaikan Pagelaran seni ini dengan menampilkan kebolehan-kebolehan mereka di panggung seni.
Rabu, 28 November 2012
KESENIAN MUSIK PANTING
SANGGAR AR RUMI KEMBANGKAN MUSIK PANTING DI MARTAPURA
Kembali lagi Sanggar Ar Rumi STAI Darussalam Martapura berusaha menambah eksitensi mereka, tidak hanya dibidang teater & sastra, tapi juga sekarang ini mereka mengembangkan musik tradisional khas kalimantan selatan yaitu kesenian musik panting. Memang kegiatan mereka ini tergolong baru di Sanggar Ar Rumi (disingkat; SAR) karena dari dulu SAR hanya menggeluti bidang Teater dan Sastra, tapi berkat kerja keras dan beberapa pemikir-pemikir yang menginginkan adanya kesenian tradisional di kembangkan di Sarang mereka ini (sebutan markas tempat berkumpulnya anggota Sanggar Ar Rumi), maka terbentuklah Musik Panting yang termasuk dalam DIVISI PENGEMBANGAN DIRI & BAKAT di susunan Divisi Sanggar Arrumi. Sudah 10 tahun SAR mencoba mengembangkan seni-seni tradisi dalam wadah kreasi mereka, akhirnya ditahun ini mereka berhasil menimbulkan Musik Panting di Sanggar ArRumi, akan tetapi perjalanan pengembangan kesenian yang SAR lakukan ini belum berjalan dengan mulus, karena masih banyak lagi kendala-kendala yang dihadapi.. Menurut Kalubut H.Foswan, panggilan akrabnya,"walaupun ulun dkk sudah membentuk Kesenian Musik Panting di sini, tapi alat-alat masih banyak yang kurang, Pantingnya sudah mulai rusak (ketuhaan), Agung (alat musik pukul) belum ada dan sound system yang kurang memadai, belum lagi gangguan dari luar, wah banyak bener gitu, makanya seandainya bisa dari pihak Pemerintah Daerah dan DKD kab.Banjar agar membantu kami dalam pengembangan musik panting ini". Selain panting ada dua lagi yang ingin mereka bentuk di Sanggar, yaitu kesenian Sinoman Hadrah (yang sudah berjalan beberapa pekan lalu) dan kesenian Tarian Rudad. dan ini pun mendapat dukungan penuh dari Ketua STAI Darussalam Dr.H.Ahmad Fauzan Saleh, M.Ag. Kesenian asli banua itu perlu dilestarikan dan dikembangkan agar kita jangan terlena oleh budaya luar yang berdampak tidak baik bagi seluruh masyarakat.
Dengan kegiatan yang SAR lakukan, Mudah-mudahan Kesenian kita dapat dikenal kepada remaja-remaja di Kabupaten Banjar dan juga SAR akan selalu eksis untuk mengembangkan seni-seni kebudayan lebih khususnya kesenian & kebudayaan Asli daerah Kalimantan Selatan
Kembali lagi Sanggar Ar Rumi STAI Darussalam Martapura berusaha menambah eksitensi mereka, tidak hanya dibidang teater & sastra, tapi juga sekarang ini mereka mengembangkan musik tradisional khas kalimantan selatan yaitu kesenian musik panting. Memang kegiatan mereka ini tergolong baru di Sanggar Ar Rumi (disingkat; SAR) karena dari dulu SAR hanya menggeluti bidang Teater dan Sastra, tapi berkat kerja keras dan beberapa pemikir-pemikir yang menginginkan adanya kesenian tradisional di kembangkan di Sarang mereka ini (sebutan markas tempat berkumpulnya anggota Sanggar Ar Rumi), maka terbentuklah Musik Panting yang termasuk dalam DIVISI PENGEMBANGAN DIRI & BAKAT di susunan Divisi Sanggar Arrumi. Sudah 10 tahun SAR mencoba mengembangkan seni-seni tradisi dalam wadah kreasi mereka, akhirnya ditahun ini mereka berhasil menimbulkan Musik Panting di Sanggar ArRumi, akan tetapi perjalanan pengembangan kesenian yang SAR lakukan ini belum berjalan dengan mulus, karena masih banyak lagi kendala-kendala yang dihadapi.. Menurut Kalubut H.Foswan, panggilan akrabnya,"walaupun ulun dkk sudah membentuk Kesenian Musik Panting di sini, tapi alat-alat masih banyak yang kurang, Pantingnya sudah mulai rusak (ketuhaan), Agung (alat musik pukul) belum ada dan sound system yang kurang memadai, belum lagi gangguan dari luar, wah banyak bener gitu, makanya seandainya bisa dari pihak Pemerintah Daerah dan DKD kab.Banjar agar membantu kami dalam pengembangan musik panting ini". Selain panting ada dua lagi yang ingin mereka bentuk di Sanggar, yaitu kesenian Sinoman Hadrah (yang sudah berjalan beberapa pekan lalu) dan kesenian Tarian Rudad. dan ini pun mendapat dukungan penuh dari Ketua STAI Darussalam Dr.H.Ahmad Fauzan Saleh, M.Ag. Kesenian asli banua itu perlu dilestarikan dan dikembangkan agar kita jangan terlena oleh budaya luar yang berdampak tidak baik bagi seluruh masyarakat.
Dengan kegiatan yang SAR lakukan, Mudah-mudahan Kesenian kita dapat dikenal kepada remaja-remaja di Kabupaten Banjar dan juga SAR akan selalu eksis untuk mengembangkan seni-seni kebudayan lebih khususnya kesenian & kebudayaan Asli daerah Kalimantan Selatan
Kamis, 22 November 2012
KATA CINTA
aku terus bangga mencintai cinta
dia datang disaat aku tertidur
dia bersembunyi disaat ku bangun
dia tahu akan ketidak tahuan ku
kau sulam jaring laba-laba
yang ciptakan melodi-melodi disetiap getarannya
melodi surga tanpa petikan
dan menapak menyusur ciptakan dunia baru
tanpa kemalangan.
dan
aku terus bangga mencintai cinta
tanpa kemalangan.
dan
aku terus bangga mencintai cinta
SINOMAN HADRAH SANGGAR AR RUMI STAI DARUSSALAM
SINOMAN HADRAH. ini lah kesenian khas kalimantan selatan yang sekarang ini pesonanya mulai pudar dimakan zaman dan ditenggelamkan oleh budaya-budaya barat yang sudah merajalela di Indonesia dan juga sampai juga di bumi BORNEO ini. Banyak banget Generasi penerus tidak lagi mencintai budayanya sendiri loe, (kasian,,,)
bahkan tidak tahu akan kesenian & kebudayaan asli daerah mereka (aduh apa kata dunia yaa,,), karena sudah terbiasa dengan hal-hal yang berbau modern. Melihat hal ini beberapa mahasiswa yang tergabung dalam UKM Sanggar Ar Rumi yang berdomisili di kampus STAI Darussalam Martapura Kalimantan Selatan
Selasa, 20 November 2012
DISTORSI HIDUP
betapa aku
radang.
indah lah senyum manusia pagi
aku
radang.
tawa ria manusia siang
aku
radang.
lelap tenang manusia malam
aku
hilang..
radang.
indah lah senyum manusia pagi
aku
radang.
tawa ria manusia siang
aku
radang.
lelap tenang manusia malam
aku
hilang..
Minggu, 22 Juli 2012
UJAR
Ujarnya..
Jangan bamara ka timbuk
Padang mambawa kamatian
Padang mambawa kasangsaraan
Tapi ulahnya manyuruhakan
Ujarnya..
Jangan tapi bamara wan sifana
padang mambawa kasakitan
padang mambawa kamiskinan
Tapi ulahnya manyuruhakan
Ujarnya..
Ujarnya..
Hakun dibungulinya..
KANANG 06-12
Pulang.! mahitungi jariji,
satu, dua, talu tahun pamaraan
tapandang, mamandang barandam
guring kada baguringan
bangun kada babangunan
tapuntal, tagantar hati karindangan
si ampun cinta langit
Pulang.! mahitungi jariji
satu, dua, talu tahun paimbahan
mangganang ampih kada ampih balawasanguring babangun
bangun taguring
tatap haja
bajauh mamaraki
inya si ampun cinta langit
HAYATI'"
Hari-hari satu hatiku arahkan pada dia
Masih tak dapat sebenarnya dia siapa
Ingin bertanya,kepada siapa aku bertanya
Lingkungan asing bagiku, dan aku asing bagi lingkungan
Hatiku penuh dengan pertanyaan
kuperbuat apa, yang tak ku dapat kosong
Cuma tatapan dan tatapan berbicara
Jalan ini memang aneh, aku hanya diam
Tak bergerak
Bagai patung yang tak terawat
Terus berharap menemukan si pengisi cinta langit
Cempaka,9-5-11
Masih tak dapat sebenarnya dia siapa
Ingin bertanya,kepada siapa aku bertanya
Lingkungan asing bagiku, dan aku asing bagi lingkungan
Hatiku penuh dengan pertanyaan
kuperbuat apa, yang tak ku dapat kosong
Cuma tatapan dan tatapan berbicara
Jalan ini memang aneh, aku hanya diam
Tak bergerak
Bagai patung yang tak terawat
Terus berharap menemukan si pengisi cinta langit
Cempaka,9-5-11
HAYATI
Dari Mula cinta langit mulai bersyair ria
Suara merdu menyentuh, berkumandang mesra
Membuat tiang-tiang perasaan
Penyangga hati yang baru didirikan
Siapa penyair cinta langit
Pembawa air kesejukan
Buat pengelana gurun kehausan
Banyak air yang lain diminum tak bisa puaskan
hanya airnya mampu basahi tenggorokan
Pertanyaan tersebut selalu terngiang-ngiang di telingaku
Ia pun mulai hadir ditidurku dan mewarnai mimpiku
Wajahnya tak bias terlupakan olehku
Aku kembali berdzikir meminta petunjuk
Coba berdoa dengan lebih khusuk
Ya tuhan siapa dia..
Siapa dia..
Siapa dia..
Hatiku mulai menghadirkan dirinya
Cempaka, 8-5-11
Suara merdu menyentuh, berkumandang mesra
Membuat tiang-tiang perasaan
Penyangga hati yang baru didirikan
Siapa penyair cinta langit
Pembawa air kesejukan
Buat pengelana gurun kehausan
Banyak air yang lain diminum tak bisa puaskan
hanya airnya mampu basahi tenggorokan
Pertanyaan tersebut selalu terngiang-ngiang di telingaku
Ia pun mulai hadir ditidurku dan mewarnai mimpiku
Wajahnya tak bias terlupakan olehku
Aku kembali berdzikir meminta petunjuk
Coba berdoa dengan lebih khusuk
Ya tuhan siapa dia..
Siapa dia..
Siapa dia..
Hatiku mulai menghadirkan dirinya
Cempaka, 8-5-11
TILIK 2
kegelapan sudah datang
menjenguk hati manusia-manusia
wajah merah padam menahan amukan
tangan menggenggam senjata siap berperang
dibarat telah menanti musuh
mendekat dengan bayangan
segera letuskan kedamaian dengan darah-darah
dimana kita saat inimenarik airmata tak berair..
menjenguk hati manusia-manusia
wajah merah padam menahan amukan
tangan menggenggam senjata siap berperang
dibarat telah menanti musuh
mendekat dengan bayangan
segera letuskan kedamaian dengan darah-darah
dimana kita saat inimenarik airmata tak berair..
HANTAM
berbenam diri dalam lumpur tua
panas dada
panas dunia
akhir dari tanah-tanah hamba
bumbu makanan mesiu berbau
lauk rudal-rudal berdebu
cium bau mayat-mayat manusia berjabatan
kuludahi tanah
tak ada liur menetes lagi
kuambil kotoran binatang kering terbang
tak tersisa
lihatlah.!
tangan ini mengepal
pertahankan aroma daun membusukhingga busuk memberikan aromanya kepada tanganku
panas dada
panas dunia
akhir dari tanah-tanah hamba
bumbu makanan mesiu berbau
lauk rudal-rudal berdebu
cium bau mayat-mayat manusia berjabatan
kuludahi tanah
tak ada liur menetes lagi
kuambil kotoran binatang kering terbang
tak tersisa
lihatlah.!
tangan ini mengepal
pertahankan aroma daun membusukhingga busuk memberikan aromanya kepada tanganku
HARAPAN DALAM OCEHAN
suara pagi dendangkan syairnya
menjenguk malam yang pergi
gantikan subuh mengantarkannya guring kakalambu
dan hangat mendatang bawa kedamaian
damai yang bawa alam berbicara
damai yang bawa makhluk menikmati cinta
damai cinta.
hanya itulah yang jadi lamunanku
hayalan kosong tentang kedamaian
fakta revolusi cinta tak berarti
adalah cinta berbubuh racun-racun
racun gelapnya dunia
racun dari samudera
racun itu ....
sudut menyudut kata damai hanyalah ilusi
bagiku cuma sisi-sisi fatamorgana
hanya menghisap saripati dari madu damainya
seperti jatuhnya kalangkala masak
bertemu bumi hingga linyak
nanti.!
menjenguk malam yang pergi
gantikan subuh mengantarkannya guring kakalambu
dan hangat mendatang bawa kedamaian
damai yang bawa alam berbicara
damai yang bawa makhluk menikmati cinta
damai cinta.
hanya itulah yang jadi lamunanku
hayalan kosong tentang kedamaian
fakta revolusi cinta tak berarti
adalah cinta berbubuh racun-racun
racun gelapnya dunia
racun dari samudera
racun itu ....
sudut menyudut kata damai hanyalah ilusi
bagiku cuma sisi-sisi fatamorgana
hanya menghisap saripati dari madu damainya
seperti jatuhnya kalangkala masak
bertemu bumi hingga linyak
nanti.!
Di perbatasan
dengan satu kata ku ingat
tempuh hitungan waktu berjalan mundur
menjalani jurang kenangan
dalam*
sela waktu ku putarkan otak
menciptakan bait memori
seperti burung bebas berkicau
kicau mesra pagi sambut mentari
seperti laba-laba merajut
rajutan mahkota panorama alam
nyata"
tak seperi lajunya kereta
laju tapi mati
mati tapi berjalan
berjalan tapi diatur penuh aturan
menjemput mimpi-mimpi yang tak nyata
teriakku mengema di alam raya
menyuarakan cinta-cinta surga
kenapa tak kau dengarkan?
dunia kukupas, kuserahkan padamu
kenapa tak kau minum setetes anggurnya?
biar dahaga mu terpuaskan akan kenikmatan
ku bilang puaskanah hatimu,,
kau bilang puaskanlah hatimu dulu
betapa bodohnya aku
putaran memori kembalikan aku ke bumi
sadarkan aku melihat putaran waktu yang normal
hingga mentari disambut malam.
Hilang*
tempuh hitungan waktu berjalan mundur
menjalani jurang kenangan
dalam*
sela waktu ku putarkan otak
menciptakan bait memori
seperti burung bebas berkicau
kicau mesra pagi sambut mentari
seperti laba-laba merajut
rajutan mahkota panorama alam
nyata"
tak seperi lajunya kereta
laju tapi mati
mati tapi berjalan
berjalan tapi diatur penuh aturan
menjemput mimpi-mimpi yang tak nyata
teriakku mengema di alam raya
menyuarakan cinta-cinta surga
kenapa tak kau dengarkan?
dunia kukupas, kuserahkan padamu
kenapa tak kau minum setetes anggurnya?
biar dahaga mu terpuaskan akan kenikmatan
ku bilang puaskanah hatimu,,
kau bilang puaskanlah hatimu dulu
betapa bodohnya aku
putaran memori kembalikan aku ke bumi
sadarkan aku melihat putaran waktu yang normal
hingga mentari disambut malam.
Hilang*
HASRAT
batang rokokku tak henti terhisap, memompa darah di jantung malam. duhai sejenak tidurkanlah aku di jaring laba-laba.
SERAPAH
SERAPAH
BANGSAT.!
TAMBUK.!
JAHANNAM.!
JAHARU.!
BUNGUL.!
BALA.!
IBLIS.!
KAMPANG.!
GILA.!
****?
makhluk ini suaraku yang paling ku benci
tapi tak sedar mulut mengucap
tak bisa ku jaga tak bisa kurawat
hantarkan gelombang panas
ke penjuru, pelosok, sudut-sudut ruang
ASTAGHFIRULLAHAL ADZIM
NA UDZU BILLAHI MIN DZALIK
BANGSAT.!
TAMBUK.!
JAHANNAM.!
JAHARU.!
BUNGUL.!
BALA.!
IBLIS.!
KAMPANG.!
GILA.!
****?
makhluk ini suaraku yang paling ku benci
tapi tak sedar mulut mengucap
tak bisa ku jaga tak bisa kurawat
hantarkan gelombang panas
ke penjuru, pelosok, sudut-sudut ruang
ASTAGHFIRULLAHAL ADZIM
NA UDZU BILLAHI MIN DZALIK
Selasa, 28 Februari 2012
Ummi
Babak 1
Lampu menyala perlahan berwarna merah kuning dengan iringan musik
menyeramkan (slow)
(ditengah panggung Orang gila dengan pakaian yang menyeramkan sedang
berbaring,tiba tiba ia lang sung duduk menghadap penonton)
Orang gila : hahahahahahahahaha…haha..haha..(mengejutkan)
(kemudian
hening….menatap arah penonton lalu tertawa lagi)
Hahaha..haha.hahahahahaha…nyata
haja takajut berataan,,ya kalo,,ya kalo,,ya kalo,,,surprice haja
dingsanakae,,hihihihi,,jar urang bahari tue pembuka haja,,mandangar ja kalo
tdeh,,pas dipadahakan Narator,,kita akan manuntun film,,aehhh salah,,teater
judulnya ummi….tahu ja kalo kisahnya…hehehehehe
Mingsang : hoey bajauh nyawa,,urang handak mulai niehh,,capati bajauh
nda sulumakan ganggam nie nah..(nada mingsang)
Orang gila : (hormaat… kemudian mengisyaratkan meinta rokok, mingsang pun
memberinya lalu meninggalkan panggung)
Oeyyy ojekk…oejek… (berteriak ojek)
Mingsang :haduhhhh,,ngalih bner,,,dadahhhhhhh…(lampu pun padam)
(ditengah panggung seorang Ibu sedang shalat dhuha pada sujud
terakhir,,kemudian ia berdoa,,pada saat itu masuk anak bungsunya dan memanggilnya)
Ilham ; Ummaaaa,,,,maaaa (terdiam melihat umminya
berrdoa,dan menuggunya selesai berdoa
Ummi :
*rabbana atina fiddunya hasanah wafil akhirati hasanah waqina adza bannar*
(sampai selesai)
Ilham : ma,,maa..umaaa (mendekati Ummi)
Ummi :
ada apa pintar,,,
Ilham : Ulun handak tulak sakulah ma’ae (mengulurkan
tangan,kemudian mencium punggung dan telapak tangan)
(kemudian datang si sulung hendak tulak ka pahumaan, lalu mendekati
ummi dan menyalami sama seperti Ilham)
Mahran : ulun minta doanya,,ulun handak ka pahumaan,,
Ummi :
bauntung batuahnya anakku..mudahan sugih, alim, sukses, bini bungas, mati masuk
surga,,,,
Mahran : amieennnnn.
Ummi :
ran julungi pang ading ikam duit,,barangae sahapa ada,,,,
Mahran ; (menjulung duit 1000, nah seini z ad lgi,,,kaka belum
baduit lagi, yang ada hagan makanan kita jua dingae..
Ilham : inggih kada papa jua kaae,,asal ada gen syukur
banar kaae..
( mahran dan Ilham pun berangkat,
dengan restu Umminya)
Ummi :
(memandang tersenyum kepada kedua anaknya, dan kemudian melipat mukenna dan
sajadah)
(Dari dalam terdengar suara barang terjatuh, kemudian david adik
kedua mahran masuk)
Ummi :
Astaghfirullah…apa pulang vid yang ikam gawi
David : duit ulun habis ma’ae,,ulun minta duit pang
ma…kada sing duitan ulun nah..
Ummi :
nah mama kada duit lagi vit’ae,,mun ad jua itu gin hagan nukar baras wan sangu
adding ikam jua.,,itu gen kada banyak jua..
David : nah duit ngitu hajahagan ulun,,mun ndak nukar
baras kawa loe bautang,,ading zen mun kada disangui kada papa jua kalo…
Ummi :
Ya Allah vid-vid.,mun bautang kalo pina kada tabayari,,wan mun ada haja hagan
napa kita bautang.
David : beh pian nie,,kita nie kada sugih,,jadi wajar je
bautang
Ummi :
nah justru kada sugih kita nie bahemat-hemat vitae..,,,
David : mbah pang kayapa ulunhandak belanja, batatukar
apakah ma’ae
Ummi :
ditahaniae dulu vitae,,mun ada hanyar handak napakah..ikam tu aturannya
bagawi,jangan kaluyuran haja, awak bilang ganal sudah,,sadang bagawi jangan
maminta wan kutian aza, umpati kah kaka ikam Mahran,, barangae mambantui inya,,
David : duehhh pian nieae,,uyuh maae (menuju kamar)
Ummi :
(menggeleng-geleng)
David : hehehehehehehehehehehe…(dating dengan membawa
keris peninggalan abahnya),,,,nah ini kawa ja dijual maae,,
Ummi :
(terkejut),,vit ngitu ampun arwah abah ikam,,handak diapai
David : nyata hajaah dijual..kawa bajalan ulun hari
nie..nah pian gen kada usah bautang jua ma’ae..
Ummi :
ae vit jangan dijual,,Ummi saying banar wan karis nituh,,ngitu kanang-kanangan
arwah abah ikam jua vitae.
David : kadakawa pukuknya ulun jual tupang,,,(lari keluar
rumah dengan membawa karis)
Ummi :
(menangis,.) Umai anakku nang bauntung nie,,,(masuk kedalam kamar)
Babak III
(ter engah-engah karena berlari)
David : hhhhhhhh..hhhhh.hhhhhh….
Imong : hoeyyy…napa nyawa pina kahantuan ngitu..
David : muha nyawa bidawangae..nie pang mambawa bukah
karis,,
Imong : wahhhh ini nie jar urang tue,,pacang bapista
basar,,larang pinanya djual tue..
David : beh nyawa nie dasar utak gabin..handak minum tarus
gawian,,bawa batubat,,naraka parak wan jenis hewan kaya nyawa nie..ngini khusus
hagan pacarku,,ading siska tarcinta,,uehhh ading …tunggu abang datang yaaaa…
Imong : gigi ikam vitae baulat sutera,,,
David : eh si aseng tue maseh lah batatukar barang nang
kaya ini…
Imong :buhan dukun kada payu di dukuni tue pasti batatukar
karis kaytu,,supaya kalihatan harat dimata pelanggan,,pa lagi mpun ikam tue
pina bakoredak karisnya,,
David : aee nva toe bakoredak…
Imong : sejenis binatanglivas yang hidup didua alam..bila
diselenger bajalan
David : kacang arab muha ae…
Imong : hehehehehehe,,,,kina malam sidin lalu jalan sini
jua,,jd kita ksini pulang
David : okayyy….ohhhh tunggu abang adding,,(sambil memeluk
karis tersebut)
(tak berapa lama ada beberapa orang
pondokin lewat)
Ateng : wahayyyyyyyy ciwi-ciwi mau pulalng ye,,
Imong : bahintalluan yo ding…
Pndk 1 : uh..bajauhan yue buhannya,,
Imong : haettttt,,haettt.haettt…..handak
kamana…(menghalang-halangi)
Pndok 2 : eh ka,, napa pian,,ulun
bakuciak nah,,,,
David :bakuciak ha sampai rakungan tapacul,,kadada jua
urangnya disini,,paling buhan kodok nabi ngini ja yang ada..
Babak IV
David imong sedang menunggu aseng..
David ; bujuran loe vid mlm nie sdin lalu
jalan sini
Imong : wuehehehehehh…auk rancak dah tatamu sidin
David : mong,,pina sunyi nah,,asa takutan auk nah,,
Imong : bah leyyyyy…ngapang dikutanakan….
(terdengar suara menyeramkan)
David : nie tie mong,,,babunyi kytu..nangkaya di felm-felm
rajen mongae…
Imong : (mulae takutan),,,rajen mun difelm2 tu kayapa
vid..
David : semalam pas nda nonton tue,,tuntung babunyi
kaytu,,lampu bakirip,,lalu mlae belakang ada kerasaan pina dingin
suasananya,,mbah tu mongae,,timbul bakakajutannnn………….
(lampu langsung padam,,dari belakang
timbul cahaya merah dengan asap2, kemudian tiba-tiba orang gila timbul
bakajutan)
(David dan ilham pun takut seketika,
perlahan orang gila berjalan kemuka dan mendekati mereka berdua)
Orang gila : hiyaaaaaaaaaa,,,,,,,,tuy..tuy..tuy….(mengibarkan bendera)
Hahahaha,,manang
pulang,,, tahambur dadak…
Imong : tahi lapat……urang gila vitae…..hahahaha,,,nva xwa
pina urang kalaparan kytu, tautan kah
David : bah kada takutan…auk cma mendramatisir banarae
supayaakting auk bagus,, mbah yak lo..hoeyyyyyy,,,beva xwa dsini…
Orang gila : siapa inya orang gila kah (menyakan pada imong)
David : nyawa nang gila muha ae..
Orang gila : dasar gila lieh..cuba itihi tampangnya sesuai dengan
tampang orang gila loe,,,
David : aewyyyy..masin niehh..orang gila kada baadat…
Oranggila : ne tie,,,,,kalo dasar sinting,,,mana ada urang gila
baadat,,imak tah gila,,masa orang gila dipandiri…berarti siapa yang
gila….hahahahaha
David : bah dah bajauhah,,,tabalik auk nang jadi gila bujuran
Imong : tinjak digigi vitae…
Orang gila : (berjlan haruan,,kemudian mendekat lagi..)
Rukuyyyyyy..rukuyyyy
David : ngapa-ngapa kah nie,,,nv jarnya mong paham lah,,,
Imong : Rukuyyy (menuruti Orgil),,,
David : Rukuyyy jua,,,hah…mauk niehhh
Imong : roko jarnya vitae..julungi ha sapanggal-panggal kah
(orang gila pun bajauh, tak berapa lama Aseng muncul)
Imong :
nah ini vitae urang nya datang,,,koeh ini orangnya nang handak manjual keris
pusaka paniggalan aruah kai,turunan haji abu, nang bajual amas,,pada masa
panjajahan balanda bahari
Aseng : hayya,,lo orang yang mau jual karis bakaramat sama
oeya,,coba oe liat macam mana keris loe orang,,
(memeriksa keris)
Imong : kyapa koe
mantaf loe,,ini keris empunya empu dari segala empu koh.
Aseng : weoohhh…hayya loe orang mau nipu oe eaa,,,msa kelis
kya gini dibilang kelis sakti eaaa…ini she bukan kelis, banyak dijual lampu
merah sakumpul
David : beh, tulaen ,,ngitu kalalapun ngarannya..
Aseng : oehhh dinding yang sering dipasang di atas itu ya,,
Imong : ngitu palapun koeh..
Aseng : oehhhh,,,yang buat smesan-smesan itu yaaaa
David : nah bulakit ngini,,ngitu handphone koe aee…
Aseng : oehhh yang,,,,,,,,,
Imong ; karak hidung…mauk banar china gunung ngini..
Daavid : jadi kada koe nukar kalalapun niehh (manajak keris )
Aseng ; huackkk,,,kalalapun
David ; nah habis auk tasalah-tasalah jua bapandir,,gara2
koeh bulakit ngini pang
Aseng : tanang-tanang,,oe
hanya bacanda koe,,,kira-kira bacaan keris ini berapa?
Imong : mana ada gerang tulisan koe…
Aseng : ikam nank bulakit,,,maksud haraganya muha ae….(logat
banjar)
David : dua ratus haja koeh,,gimana
Aseng : wah kalo gini,, oe tawar separo aja laa…
Imong : mauk buan pian nie,, bakakarasan nang kaya tungau wan
kutu barabut sangkadi (aseng dan david terkejut)
Eh
kaada,, maksud ulun kaya ini,,ujar urang bahari tu, supaya kodok kada mati,
ular kanyang (takajut Pulang)
Kita
ambil jalan tangah,,,yaitu saratus lima
puluh,,,
David : nah akur haja….
Imong : kayapa koeh.
Aseng : ya koe satuju aja eaa…buaguss,,buagus,,
Nie uang nya ea,,,,
David : Terimakasih koe,,
Aseng : sama-sama eaa,,laen kale klo ad barang kaya ginian,
telp az oe,,
Oe
mau jalan dulu yaa,,na
(aseng
meninggalkan panggung)
Imong : vid jatah urang bungas mana nie,,,
David : acaaeehhhhhhh..dasar mata picisan imak nie.nah nie
duit sagan nukar minuman, sisanya hagan bini alias ading siska
tarcinta,,hehehehe,capati bajauh xwa,,tumat lgi inya datang,
Imong : okay bossssss…..
Babak IV
Tidak berselang lama david terpikir untuk menemui adding siska
tercinta, namun cinta siska bukan cinta biasa malaina
(David sendirian menunggu di tengah panggung)
( risau-risau tak berapa lama dating siska)
David : (gaya
malu memanggil) ading siska,,ini aa nah…
Siska : (gaya
malu) puunn,,apa kaka avid,,
Imong : Ading Siska,,rambutmu bakutuan tie,,
David ; huaaahhh bajauh bidawang hangit,,,
David : Mendekati siska,,Akhirnya cintaku datang juga,
walaupun agak lama seribu tahun pun abang tunggu
Siska : ah masa sie bang,,,,
David : ding kite duduk dulu ye,,,,(membawa duduk kebangku)
Hehheeh..(menuju kearah penonton)
Gandakan ulun,,bungas kalo,,,
(kembali
kebangku, dan duduk agak berjauhan)
(bunyi
lagu mellow terdengar)
(Improve
gerakan sesuai keadaan lagu)
David : oh dinda ku tersayang, apakah dinda tidak rindu
dengan abang,,
Siska : rindu sekali kanda ku tersayang,,tapi dinda kesini
ingin menagih janji abang
David : oehh,,janji apaan,,abang lupa nah
Siska : huuuuuhhh,,katanya cinta masa bias lupa ma
dinda,,kana bang mau beri hadiah ma dinda
David : jangan marah dinda, abang Cuma ngetes az koe,,kloae kada
ingat,, berarti gila tue,,heheheh,,ufs Cuma bercanda,,dinda pejamkan mata dulu
dong..
Siska : (memejamkan mata)
David : mengarahkan bunga kedepan wajah siska,,,Sekarang buka
matanya,,
Siska : wah cantiknyaaaaaa,,,,mmmm trus selain ini apa
lagi,,
David : itu saja dinda,,bukti bahwa abang sangat mencintai
dinda,,melalui bunga itu kaka serahkan hati abang sepenuhnya untuk
dinda,,,(huhuuuuuyyyyyyyyyyyyyyy)
Siska : hah Cuma ini doing,,ini jadul kaae, manusia
purba..kada maen lagi bunga2 an,,ulun handaknya yang modern,,BLACK Bery,,,
David : tapi say..
Siska : pokoknya black bery,amunnya kada kadada lagi
istilah saying-sayangan..
David : say..abank kannn..
(dating seorang cowo yang biasa2 az,
memakai kendaraan harat masuk menemui mereka berdua)
Tusin : eh siska, ngapaen disini,,(melihat bunga kemudian
diambilnya)
Wah
apaan ini,, tisu wc ye,,,hahahayyyyy,,sis kita jalan yoe
Siska : eh ada aa tusin..
hen
bang,,inya ba kendaraan, mana bukti pian nie sugih,,harat pander z,,
David : eh kaka sugih,tapi…..
Tusin : ngepotttttttttttt,,,,,,,ah sudah ngapaen maurusi
tiwadak buruk,,baek mahantam durian,,
David : haratnya muha,,tamper di gigi nieh…
Siska : hetttt,,black bery dulu,,,yu aa kita jalan,,,,
(siska ngebonceng tusin)
David : haaaaaaaaahhhhhhhhhhhhh,,,dasar duit mataan,,,mata
duitannnnnnnnn,,,,
Awas,
kna nda mencari duit,,mun dapat xta tabulik ayangku kepada sang pemiliknya,,,
(keluar panggung)
Babak v :
(david masuk kedalam panggung dengan perasaan marah dan jengkel
karena kalah saingan dengan orang lain yang menggaet pacarnya)
Ummi : sedang membersihkan rumah…..
David : ma,,umaaaa,,,umaaaaa
Ummi :
ada apa pintar…….
David : kaya ini maae, pian ada bisi duit lah,,ulun handak
bautang
Ummi :
hagan napa ikam bacarian duit, tahu ze kalo ummni nie kada sing duitan
David : ulun handak nukar HP nah..
Ummi :
aee kenapa pulang handak manukar pulang, maka ad z bisi sudah
David : bah hp ulun nie hpTVRI hitam putih,,dtinggalakan
zaman maae,, jadi handak yang taharat pulang, supan ulun wan kakawanan melihat
hp nang kaya ini
Ummi :
umay anakku nang bauntung baiman ninieh,,ummi kadada bisi duit,,tahu aja kalo
nak..mun ada ngitu disayangi jua hagan buhan kita makan sehari-haari,
David : pokoknya ulun minta duit tupang,,pokoknya harus
Ummi :
ya Allah,david-david kaya ummi sugihkan,yang ada itu gen bisi hp sudah basyukur
aturannya,tu gin ikamja jua nang bisi saurangan dirumah ini, hagan napa pina
badua2 hp baisian.. ummi dasar kada baisi duit sahimpil lalu hgan yang lain.
David : pian nie dasar kada pmahan lalu wan ulun..(mengikih
lemari)
Ummi :
napa pulang nak ikam hamburakan lemari
mama,,,
David : kalo pina ada nank di jual pulang
Ummi ;
baingat sadikit vit,harta ummi kada lagi, habis ikam z nakae nang maambil.
David : hahhhhh…pian ni mauk banar nah…
Hahahhhhh,,,,(dengan wajah marah, kemudian
melihat kearah mekenna ibunya)
Nah
ini, nyata kawa dijual,,
Ummi :
nak,,nak,,nak,,diapae pulang mukenna ummi
David : ulun juallllll,,,
Ummi :
ya Allah anakku yang baiman, jangan pintarae,,,kayapa mama sembahyang,
David : pokonnya di jual,,!
Ummi :
(bergegas mendekati David, kemudian mengambil mukenna)
Mun yang laen nakae, ummi kurang lebih bias
ze memahami, tapi ini mukenna ummi, untuk berhubungan wan Allah,,ummi kada kawa
memakluminya nakae,,,(mulai menangis)
David : (merebut dengan paksa mukenna tersebut)
(terjadi perebutan antara ummidengan
david, dan hingga akhirnya ummi pun terjatuh, dan mukenna tesebut berhasil
direbut David)
David : jar ulun jual-ulun jual to…
Ummi :
(menangis) ya allah nak,,kada kasiankah wan ummi,,itu laen harta nakae, itu
Cuma mukenna,,kalo dijual bagaimana ummi sembahyang,,harta apapun tak akan
berguna kalo kita tidak sembahyang,,tuhan mewajibkan kita sembayang,,nakkkk,,
David : ulun kaga perduli terserah pian sembahyang kah, kada
kah,, itu urusan pian saurangan kededa hubungannya lawan ulun,
Ummi :
nak mun itu kahandak ikam, izinkan ummi untuk memakai mukenna untuk
sembahyang yang terakhir kalinya, habis
ummi sembahyang, silakan nakae ambil, ummi ridho dunia akhirat,, tapi tolong
kabulkan permintaan ummi nak..
David : ya sudah capati sembahyangnya,,,jangan tapi
lambat(melempar mukenna)
(ummi
memakai mukenna kemudian ia shalat dua rakaat, di sujud terakhir ummi pun
meninggal, david tidak tahu dan terus menunggu ummi dengan gelisah,
mondar-mandir, kadang-kadang ia berucap kepada ibunya)
David : (sedikit marah) ummi lakasi sembahyangnya,,,lambat
banar pian nie,,,
(marah, mendekati Ummi tapi masih tetap
berdiri) Ummi….
(Penasaran, merunduk lalu meyuntuh tbuh ummi,
dan ummi rebah kepinggir, david sangat terkejut melihat hal tersebut, seakan
tidak percaya, air matanya mulai meleleh, mengerak-gerakkan tubuh ummi sambil
memanggil namanya, tapi ummi sudah tiada)
David : Ummi, ummi,,,,,,mi,,apa yang
terjadi,,,,Ummiiiiiiii,,,Ummiiiiiiiiiiiiiiiiiii (menangis dengan Keras)
Ummii,,,,ampuni
anakmu yang berdosa ini,, bangun ummi, bangunnnnnnn,,,ummi bangunnnnnn,,,ya
Allah tidak ada cara lainkah engkau menjemput ummi seperti, ya ulun tahu,
engkau menghukum hamba,,tapi ini berat ya Allah,,,Ampuni ulun ya Allahh,,ummiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii
FILSAFAT UMUM IDEALISME, MATERIALISME, EKSISTENSIALISME
A.
LATAR
BELAKANG
Secara umum
aliran Materialisme, Eksistensialisme, dan Idealisme merupakan suatu aliran
filsafat yang lahir karena ketidakpuasan beberapa filusuf memandang filsafat
pada masa yunani hingga modern, seperti protes terhadap rasionalisme yunani.
Oleh karena itu, mereka ingin menghidupkan kemabali rasionalisme keilmuan
subyektifitas (individualisme), humanisme, dan lepas dari pengaruh atau
dominasi agama (gereja).
FILSAFAT ABAD KE 19 DAN KE-20
A.
Latar Belakang
Tidak dapat
dipungkiri kapan filsafat modern dimulai. Secara historis, zaman modern dimulai
sejak adanya krisi zaman pertengahan selama dua abad (abad ke-14 dan ke-15),
yang ditandai dengan munculnya gerakan Renaissance yang artinya lahir kembali. Dengan bergulirnya zaman
dan terus abad berganti abad yang diisi dengan berbagai macam ragam filsafat
sampai kepada abad ke-18 dan abad ke-20, muncullah berbagai aliran pemikiran :
Rasionalisme, Empirisme, Kritisisme, Positivisme, Evolutionisme, Idealisme
(Jerman), Materialisme, Neo-Kantianisme, Pragmatisme, Filsafat hidup,
Fenomenologi, Eksistensialisme, dan Neo-Thomisme.
Pemikiran Ibnu Sina, Al Ghazali dan Ibnu Rusyd
A. Latar
Belakang
Dalam menghadapi seluruh
kenyataan dalam hidupnya, manusia senatiasa terkagum atas apa yang dilihatnya.
Manusia ragu-ragu apakah ia tidak ditipu oleh panca-inderanya, dan mulai
menyadari keterbatasannya. Dalam situasi itu banyak yang berpaling kepada agama
atau kepercayaan Ilahiah.
FILSAFAT UMUM HELLENISTIS, STOISISME, EPIKURISME, SKIPTISME,NEO-PLATONISME
HELLENISTIS
A.
Aliran Stoa / Stoisisme
Aliran ini didirikan di Athena oleh Zeno dari Kition (133 266 SM). Ia
dilahirkan di Kition pada tahun 340 SM, dan meninggal di Athena pada tahun 264
SM. Ia mencapai umur 76 tahun.
Seperti dengan kaum Epikurus, kaum Stoa membagi filsafat dalam tiga bagian,
yaitu logika, fisika dan etik. Logika dan fisika umumnya dipergunakan sebagai
dasar etiknya. Etiknya ialah memberi petunjuk tentang sikap sopan santun dalam
penghidupan. Menurut pendapat mereka, tujuan yang terutama dari segala filsafat
ialah menyempurnakan moral manusia.
FILSAFAT SOCRATES, PLATO DAN ARISTOTELES
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Meskipun pada awalnya kehidupan dunia penuh
didominasi gereja yang hanya membimbing manusia kearah hidup yang shaleh tanpa
memikirkan martabat dan kebebasan manusia yang mempunyai perasaan, pikiran,
keinginan, dan cita-cita untuk masa depannya sendiri. Sehingga melahirkan ahli-ahli pikir
yang menyatukan filsafat Yunani dan ajaran kristen.
FILSAFAT YUNANI KUNO PRA SOCRATES FILSAFAT YUNANI KUNO PRA SOCRATES
BAB
1
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Dalam menghadapi seluruh kenyataan dalam hidupnya,
manusia senantiasa terkagum atas apa yang dilihatnya. Manusia ragu-ragu apakah
ia tidak ditipu oleh panca-inderanya, dan mulai menyadari keterbatassannya.
Dalam situsi itu banyak yang berpaling kepada agama atau kepercayaan ilahiah.
Makanan baik dan Halal
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
Islam, dengan sangat terang menegaskan, bahwa kewajiban
setiap ayah untuk memberikan nafkah kepada istri dan anak-anaknya. Allah
berfirman: “Dan menjadi kewajiban para ayah, untuk memberi makanan dan
pakaian kepada istri dan anak-anaknya” (QS. Al-Baqarah:233).
Pemikiran Pendidikan KH.Ahmad Dahlan
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Pendidikan merupakan satu
kebutuhan yanag sangat penting bagi manusia, apalagi dizaman sekarang ini yang
serba modern. Pendidikanlah yang sangat berperan penting untuk meyelaraskan
dengan kemajuan zaman yang begitu pesat.
Waktu Melempar Jumrah
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Haji artinya
berziarah atau mengunjungi. Dalam istilah syara artinya menziarahi atau
mengunjungi Ka’bah di Mekkah, dengan niat tertentu, waktu tertentu, dan
cara-cara tertentu pula.
AlQur'an
PEMBAHASAN
A. Hukum Bacaan Nun
Mati(نْ) atau dan Mim Mati (مْ)
Untuk membaca
Al-Qur’an dengan baik dan benar, kita harus paham hukumnya, ilmu yang membahas
tentang hukum bacaan Al-Qur’an adalah ilmu tajwid. Berikut ini akan membahas
ilmu tajwid tentang hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati.
1. Hukum bacaan nun
mati
Dalam ilmu tajwid, mengenai hukum
bacaan nun mati/tajwid dibedakan menjadi lima
macam yaitu Izhar halqi, Idgham bigunnah, Idgham bilagunnah, dan Iqlab.
a.
Izhar Halqi
Izhar berarti jelas, terang atau
jelas. Adapun halqi berarti tenggorokan. Izhar halqi berarti apabila ada nun
mati/tanwin bertemu dengan salah satu huruf Halqi. Huruf halqi ada enam yaitu ء, ح, خ, ع, غ, ه apabila ada huruf nun mati//tanwin bertemu dengan huruf Izhar, cara membacanya adalah jelas.
b.
Idgham Bigunnah
Idgam berarti memasukkan, sedangkan
bigunnah berarti mendengung. Adapun yang dimaksud dengan Idgham bigunnah adalah
apabila ada nun mati/tanwin bertemu dengan salah satu huruf bigunnah yaitu
ي, ن, م, و
apabila ada nun mati/tanwin bertemu
salah satu huruf tersebut, cara membacanya adalah suara nun mati/dimasukkan ke
dalam suara huruf tersebut disertai dengan berdengung. Artinya suara nun mati
lebur menjadi suara huruf berikutnya
dengan diikuti suara dengung.
c. Idgham Bilagunnah
Idgham berarti memasukkan, sedangkan
bilagunnah berarti dengan tiada bedengung. Adapun yan g dimaksud dengan idgham
bilagunnah adalah apabila nun mati bertemu denga salah satu huruf bilagunnah yaitu "ر"
dan "ل" cara
membacanya ialah suara nun mati lebur menjadi suara huruf berikutnya tanpa didikuti suara dengung.
d. Iqlab
Iqlab berarti menukar atau mengganti
adapun yang dimaksud bacaan iqlab adalah apabila ada nun mati bertemu dengan
huruf "ب" cara membacanya adalah suara nun mati diganti
dengan suara mimmati dengan menenerapkan bibir dan berdengung.
e. Ikhfa
Ikhfa berarti menyamarkan. Adapun yang
dinamakan dengan bacaan ikhfa adalah apabila nun mati bertemu dengan salah satu
dari lima dari lima belas huruf yaitu
ت, ث, ج, د, ذ, ز, س, ش, ص, ض, ط, ظ, ف, ق, ك
Cara membacanya adalah suara nun mati
dibaca samara-samar (antara izhar dan idgham) dengan bunyi sengau di hidung.
Kemudian bersambung dengan huruf berikutnya sehingga suaranya seperti suara
“ng”. apabila nun mati bertemu dengan huruf dan suara “ng” lebih kuat.
2. Hukum Bacaan Mim Mati (مْ)
Dalam bacaan mim mati dibedakan menadi
tiga macam yaitu Izhar Syafawi, Idgham mimi, dan Idgham syafawi.
1.
Izhar Syafawi
Izhar berarti jelas, sedanglan syafawi
berarti bibir. Adapun yang dimaksud dengan Izhar syafawi ialah apabila ada mim
mati bertemu denga salah satu huruf berikut:
ا, ت, ث, ج, ح, خ, د, ذ, ر, ز, س, ش, ص,
ض, ط, ظ, ع, غ, ف, ق. ك, ل, ن, و, ه, ى
Cara membacanya adalah suara mim mati
disuarakan dengan jelas dan terang di bibir
serta bibir tertutup, tidak memndengung, dan tidak samar-samar.
2.
Ikhfa Syafawi
Ikhfa berarti menyamarkar, sedangkan
syafawi berarti bibir. Adapun yang dimaksud dengan Izhar syafawi adalah apabila
ada mim mati bertemu dengan huruf ba’(ب). Cara membacanya suara mim mati disuarakan dengan samara-samar
dibibir disertai suara mendengung.
3.
Idgam Mimi
Apa bila ada mim mati (مْ) bertemu dengan mim (م) maka
hokum bacaannya disebut idgham mimi, sering juga disebut idgham Mutamasilain
atau idgham mislain, cara membacanya adalah wajib berdengung, seperti
menyuarakan mim rangkap atau
ditasydidkan.
B. Qalqalah,
Lam, dan Ra
1. Qalqalah
(القلقله)
Qalqalah artinya guncangan atau
pantulan suara denngan tiba-tiba sehingga terdengar suara membalik atau
terdengar getaran yang sama. Huruf-huruf qalqalah adalah: ق,ط, ب, ج, د
Qalqalah terbagi
dua, yaitu:
a.
Qalqalah Sugra (ققلة
صغري)
Sugra artinya lebih kecil. Hukkum
bacaan disebut qalqalah sugra artinya apabila salah satu huruf qalqalah itu
berharakat sukun asli dalam kata-kata bahasa Arab. Membacanya harus berguncang
dan berbunyi membalik.
Contohnya:
يَدْ خُلُوْنَ
b.
Qalqalah Kubra
Kubra artinya lebih besar. Hokum
bacaan disebut qalaqalh kubra adalah bila salah satu huruf berharakat sukun
karena wakaf (berhenti). Membacanya
harus lebih berkumandang dan lebih jelas.
Contohnya:
بِرَبِّ الْفَلَقْ بشرَبِّ الْفَلَقِ
2. Tipis-Tebal pada Huruf Lam ( ل)dan Ba’ (ر)
Huruf
ر- ل(lam
dan ra) ada yang cibaca tebal atau tafkhim (تفخيم)dam ada pula yang dibaca tipis/tarqiq(ترقيق) .
Sedangkan ر(ra) ada yang
oleh keduanya, tippis maupun tebal.
a.
Lam dibaca tebal
(لامُ المفخّمة)
Lam (ل) yang terdapat
pada lafaz jalalah (اللّه) harus dibaca
tebal atau tafkhim (dengan cara mengangkat semua lidah dan menekannya di
langit-langit atas sambil menekan suara yang cukup kuat), dibaca htafkhim bila
perkataan Allah itu didahului huruf yang berharakat fatha atau berharakat dhammah.
رَسُولُ اللّهِ
b.
Lam bacaan tipis
Lam dalam lafaz (ل) harus dibaca tipis jiak didahului huruf yang berharakat kasrah.بِسْمِ اللّهِ
c.
Ra ‘ dibaca tebal
Ra’ dibaca tebal atau tafkhim yaitu apabila;
1)
Ra berharakat fathah atau fathah tain dan yang berharakat
dhammah atau dhammah tain
2)
Ra’ sukun yang sebelumnya terdapat huruf yang berharakat
fathah atau huruf yang berharakat dhammah.
3)
Ra’ sukun, sedang huruf sebelumnya berharakat kasrah yang
tidak asli dari asal perkataan bahasa Arab.
4)
Ra’ sukun dan huruf sebekumnya berharakat kasrah asli, tetapi
sesudah ra’ berupa huruf isti’la, yaitu
d.
Ra dibaca tipis
Ra yang dibaca tipis yaitu
1)
Ra’ yang berharakat kasrah dimanapun letaknya pada suatu
perkataan, di awal, di tengah maupun di akhir perkataan, pada kata kerja maupun
pada kata benda.
2)
Ra’ yangsebelumnya terdapat ra’ sukun.
3)
Ra’ sukun yang huruf sebelumnya berharakat kasrah yang si dan
sesudanya tidak berupa isti’la..
e.
Ra’ dibaca tipis atau tebal
Huruf ra’ boleh dibaca tebal atau tipis bila ra’
tersebut berharakat sukun sedang huruf sebelumnya berharakat kasrah dan huruf
sesudahnya berupa huruf isti’la.
C. Hukum
Bacaan Mad danWakaf
1. Bacaan Mad
Mad menurut bahasa adalah memanjangkan bacaan. Menurut istilah
mad artinya memanjangkan bunyi bacaan satu huruf dengan panjang satu alif (dua
harakat), dua alif (empat harakat) dan tiga alif (enam harakat).
Pada dasarnya bacaan mad terbagi menjadi dua yaitu mad
asli dan mad far’i.
Mad Asli ialah mad Tabi’i, Selain Mad Tabi’i, mad-mad
yang lain adalah mad Far’i.
Macam-macam mad:
a. Mad Tabi’i
Mad tabi’i adalah memanjangkan bacaan huruf hijaiyah
satu alif. Tanda panjang yang dugunakan adalah huruf alif, ya dan wau. Cara
membacanya bunyi huruf tersebut
dipanjangkan hingga satu alif atau dua harakat.
b. Mad Wajib Muttasil
Hukum bacaan mad wajib muttasil adalah
apabila ada mad tabi’I betemu dengan huruf hamzah dalam satu perkataan. Cara
membacanya pada huruf tesebut dipanjangkan hingga dua setengah alif ( lima harakat).
c. Mad Jaiz Munfasil
Hukum bacaan mad jaiz munfasil adalah
apabila mad tabi’i bertemu dengan alif atau hamzah di lain perkataan. Cara
membacanya adalah pada huruf tersebut dipanjangkan hingga dua setengah alif (lima harakat) tetapi
boleh dipanjangkan satu alif saja (dua harakat).
d. Mad
Lazim Mukhaffaf Kalimi
Hukum bacaan mad lazim Mukhaffaf kalimi adalah apabila
mad tabi’i bertemu dengan huruf yang berharakat sukun, tetapi tidak diakhir
perkataan. Cara membacanya ialah pada huruf tersebut dipanjangkan hingga tiga
alif (enam harakat)
e. Mad
Lazim Mutsaqqal kalimi
Hukum bacaan mad lazim mutsaqqal kalimi apabilaadamad
tabi’i bertemu dengan huruf yang bertasydid dalam satu perkataan. Cara membacanya
ialah pada huruf tersebbut dipanjangkan hingga tiga alif dengan memperhatikan
huruf bertasydid setelah mad.
f. Mad
Layin
Hukum bacaan mad layin adalah apabila ada huruf mad
yang ya sukun atau wau sukun sebelumnya ada harakat fathah. Cara membacanya
ialah pada huruf tersebut dilemaskan atau dilunakkan dan tidak boleh
dipanjangkan.
g. Mad
Aridh Lissukun
Hukum bacaan mad ini adalah apabila ada mad tabi’i
diakhir kalimat. Cara membacanya pada huruf tersebut dapat dipanjangkan hingga
tiga alif, dua alif atau datu alif.
h. Mad
Tsilah Qashirah
Hukum bacaan mad ini apabila ada huruf yang berupakata ganti orang atau benda ketiga
berada sesudah huruf yang berharakat fathah, kasrah, atau dhammah dan bukan
huruf berharakat sukun. Cara membacanya pada huruf tersebut dipanjangkan hingga
satu alif.
i. Mad
Tsilah Thawilah
Hukum bacaan ini apabila mad tsilah qashirah bertemu
dengan huruf hamzah atau alif. Cara membacanya pada huruf tersebut dipanjangkan
antara satu hingga dua setengah alif.
j. Mad
Iwad
Hukum bacaan mad ini apabila ada fathah tanwin pada
huruf diakhir kata yang diwakafkan sehingga tanwin tidak berbunyi tanwin,
tetapi bacaan panjang satu alif. Cara membacanya pada huruf tersebut dibaca
fathah dan dipanjangkan hingga satu alif seperti mad tabi’i.
k. Mad
Badal
Hukum bacaan mad ini apabila ada
hamzah bertemu deganmad yang berasal dari hamzah sukun, kemudian hamzah ini di
ubah dan diganti alif, wau, atau ya. Cara membacanya pada huruf tersebut
dipanjangkan satu alif seperti mad tabi’i.
2. Wakaf
Wakaf
menurut bahasa artinya berhenti. Adapun menurut istikah berarti menghentikan
bacaan ketika membaca ayat-ayat Al-Qur’an. Untuk menentukan berhenti atau
tidaknya dalam membaca Al-Qur’an, kita perlu mengetahui tanda wakaf yang ada
didepannya, baik yang ada ditengah, diakhir maupun diawal ayat. Masing-masing
wakaf memiliki arti tersendiri sesuai dengan symbol yang digunakan. Adapun
tujuan kita mempelajari dan menerapkan tanda wakaf adalah agar kita tidk keliru
dalam memahami isi kandungan ayat yang sedang dibaca.
Ringkasan 6 Hukum Bacaan Wakaf
(gambarajah foto).
a. Wakaf Tam/Lazim.
Simbol : mim kecil berbaring atau bentuk ’berudu’,
huruf ta kecil, atau bentuk bulatan berhias.
Hukum : Wajib Berhentikan bacaan.
b. Wakaf Jaiz.
Simbol : Huruf jim kecil.
Hukum : Harus Menghentikan bacaan.
c. Wakaf Kahfi (Aula)
Simbol : kaf lam ya, kaf, hamzah wasal kaf.
Hukum : Berhenti memadai/lebih utama. Lebih utama
jika menghentikan bacaan (wakaf) daripada diteruskan (wasol).
d. Wakaf Hassan
Simbol : sod lam ya’, ha’, sod
Hukum : lebih utama/baik meneruskan bacaan (wasol)
daripada diberhentikan bacaan (wakaf).
e. Wakaf Qabih
Simbol : lam alif kecil
Hukum : Berhenti tidak elok. Dilarang
memberhentikan bacaan di kalimah itu.
f. Wakaf Ta’anuq/Muraqabah
Simbol : tanda 3 titik bertindih di dua tempat
berdekatan.
Hukum : Harus berhentikan bacaan pada salah satu
tempat.
D. Surah Al-Insyirah
1. Membaca dan Mengartikan Surah
Al-Insyirah
Surah
al-Insyirah terdiri dari 8 ayat temasu
surah-surah makkiyah dan diturunkan sesudah surah adh-Dhuha. Nama alam nasyrah
(al-Insyirah) diambil dari kata Alam Nasrah yang terdapat pada ayat pertama,
yang berarti: bukankah kami melapangkan.
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ
أَلَمْ نَشْرَحْ لَكَ صَدْرَكَ - وَوَضَعْنَا عَنكَ وِزْرَكَ - الَّذِي
أَنْقَضَ ظَهْرَكَ - وَرَفَعْنَا لَكَ ذِكْرَكَ - فَإِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا
- إِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا - فَإِذَا فَرَغْتَ فَانصَبْ - وَإِلَى رَبِّكَ
فَارْغَبْ
Artinya:
“ Bukankah kami
telah melapangkan untukmu dadamu ?, Dan kami telah menghilangkan daripadamu
bebanmu, Yang memberatkan punggungmu?, Dan kami tinggikan bagimu sebutan (nama)
mu, Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, Sesungguhnya
sesudah kesulitan ada kemudahan, Maka apabila kamu telah selesai (dari suatu
urusam), kerjakanlah dengan sungguh (urusan yang lain, Dan Tanya kepada Tuhanmu
lah hendaknya kamu berharap “.
2.
Mengamalkan Isi Kandungan Al-Qur’an
Surah
Al-Insyirah berisi tentang penegasa Allah aka nikmat-nikmat yang banyak yang
telah diberikannya kepada Nabi Muhammad SAW dan umatnya. Dan pernyataan Allah
bahwa disamping kesukaran ada kemudahan. Oleh karena itu kita sebagai umat Nabi
Muhammad SAW diperintahkan untuk beribadah dan selalu bersyukur, berserah diri,
menghambakan diri kepada Allah SWT.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Untuk membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar, kita harus
paham hukumnya, ilmu yang membahas tentang hukum bacaan Al-Qur’an adalah ilmu
tajwid.
1. Hukum bacaan nun
mati
Hukum bacaan nun
mati terbagi kepada lima
hokum, yaitu:
a.
Izhar Halqi
b.
Idgham Bigunnah
c.
Idgham Bila gunnah
d.
Iqlab
e.
Ikhfa
2.
Hukum bacaan mim mati
Hukum bacaan mim mati terbagi kepada tiga hukum, yaitu:
a.
Izhar Syafawi
b.
Ikhfa Syafawi
c.
Idgham Mimi
Qalqalah (القلقله)
Qalqalah
artinya guncangan atau pantulan suara denngan tiba-tiba sehingga terdengar
suara membalik atau terdengar getaran yang sama. Huruf-huruf qalqalah adalah: ق,ط, ب, ج, د
Qalqalah terbagi dua, yaitu:
3.
Qalqalah Sugra (ققلة
صغري)
Sugra artinya lebih kecil. Hukkum bacaan disebut qalqalah
sugra artinya apabila salah satu huruf qalqalah itu berharakat sukun asli dalam
kata-kata bahasa Arab. Membacanya harus berguncang dan berbunyi membalik.
Contohnya:
يَدْ خُلُوْنَ
4.
Qalqalah Kubra
Kubra artinya lebih besar. Hokum bacaan disebut qalaqalh
kubra adalah bila salah satu huruf berharakat sukun karena wakaf (berhenti). Membacanya harus lebih
berkumandang dan lebih jelas.
Bacaan
Mad
Mad menurut bahasa adalah memanjangkan bacaan. Menurut istilah
mad artinya memanjangkan bunyi bacaan satu huruf dengan panjang satu alif (dua harakat),
dua alif (empat harakat) dan tiga alif (enam harakat).
Pada dasarnya bacaan mad terbagi menjadi dua yaitu mad
asli dan mad far’i.
Mad Asli ialah mad Tabi’I, Selain Mad Tabi’i, mad-mad
yang lain adalah mad Far’i.
Macam-macam mad
a. Mad Tabi’i.
b. Mad
Wajib Muttasil
c. Mad Jaiz Munfasil
d. Mad
Lazim Mukhaffaf Kalimi Jenis-jenis
Wakaf :
e. Mad
Lazim Mutsaqqal kalimi 1. Wakaf Tam/lazim
f. Mad
Layin 2. Wakaf Jaiz
g. Mad
Aridh Lissukun 3 Wakaf Kahfi (Aula)
h. Mad
Tsilah Qashirah 4. wakaf Hassan
i. Mad
Tsilah Thawilah 5. wakaf Qabih
j. Mad
Iwad 6. Wakaf ta’anuq / muraqabah
k. Mad
Badal
Langganan:
Postingan (Atom)