DAKWAH BANJAR

Sebuah Media Informasi. | مَنْ دَلَّ عَلَى خَيْرٍ, فَلَهُ مِثْلُ أَجْرِ فَاعِلِهِ |"Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, maka ia mendapatkan pahala seperti pahala orang yang melakukannya."

Minggu, 09 Agustus 2020

KALAM AL- HABIB ABU BAKAR Al-ATTHOS BIN ABDULLAH AL- HABSYI رضي الله عنه

 PENTINGNYA PENDIDIKAN ADAB UNTUK ANAK-ANAK


✍️ KALAM AL- HABIB ABU BAKAR Al-ATTHOS BIN ABDULLAH AL- HABSYI رضي الله عنه


Beliau berkata : "Akan datang pada manusia suatu masa, saat itu, mereka lebih baik mendidik binatang piaraannya daripada mendidik anak kandungnya sendiri."


Didiklah anak-anakmu dan saudara-saudaramu tentang adab dan akhlaq Al- Musthofa صلى الله عليه وسلم. Ketahuilah bahwa pendidikan akhlaq bagi anak-anak kita adalah amat penting, sebab kelak mereka dapat mengerti apa itu adab kepada orang tua, kepada sesama, dan lain sebagainya.


Saat ini orang sudah melalaikan pendidikan akhlaq terhadap anak-anaknya, mereka para orang tua acuh tak acuh tentang tarbiah anak-anaknya. Coba tanyakan pernahkan mereka menanyakan sholat, bacaan Al-Qur'an, mengenalkan Nabinya, atau nama kitab suci Allah kepada anak-anaknya? 


Justru sekarang para orang tua lebih mengedepankan budaya-budaya dan pendidikan barat kepada anak-anaknya. Bahkan mereka terkadang heran bila melihat anak-anaknya tidak mengenal bintang-bintang film atau pemain-pemain sepak bola yang bahkan diantara mereka ada yang tidak pernah sujud kepada Allah سبحانه وتعلى، Na'udzu billah min ghodlobillah.


Coba bandingkan dengan para salaf sholeh, mereka sejak kecil sudah mengenal adab, akhlaq, langkah-langkah yang baik bahkan mereka mengenal mujahadah (kesungguhan) di dalam mencari ridho Allah سبحانه وتعلى. Hal ini tidak lain karena orang tua merekalah yang berperan penting dalam membentuk anak-anaknya untuk berbakti pada Allah dan Rasulnya serta kepada orang tua mereka.


Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda:


لأن يؤدب الرجل ولده خير له من أن يتصدق كل يوم بنصف صاع


"Sungguh lebih baik seseorang mendidik anaknya daripada bersedekah sebanyak setengah sha' (1,40 kg) setiap hari."


Namun, begitulah karena rusaknya zaman, hancurnya moral dan punahnya ajaran-ajaran agama di rumah tangga kaum muslimin. Biografi dan perjalanan para salaf tersebut kini tinggal cerita saja.

https://t.me/

Pengajian Online Telegram : ilmu_tareem

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DAKWAH BANJAR | هذا من فضل ربي