DAKWAH BANJAR

Sebuah Media Informasi. | مَنْ دَلَّ عَلَى خَيْرٍ, فَلَهُ مِثْلُ أَجْرِ فَاعِلِهِ |"Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, maka ia mendapatkan pahala seperti pahala orang yang melakukannya."

Kamis, 13 Agustus 2020

SANGGAR AR RUMI | SEBUAH ORGANISASI BUKAN IDEOLOGI

 

STAI DARUSSALAM MARTAPURA

Ungkapan Cinta

 

Alhamdulillah, tiada ilah kecuali Allah. Laa haula wala quwwata illa billah, Puja puji hanya milik Allah. DariNYA mengalir ide-ide kreatif dalam berkesenian, Dialah Sang Sutradara tunggal penata lakon-lakon makhluk di semesta raya. Hingga tak satupun yang terjadi di atas muka bumi kecuali terbit dari keindahan Qudrat dan iradatNYA.

Shalawat dan salam kita persembahkan buat seafdhal-afdhal makhluk dimuka bumi, Sang pelipur lara, idola jagad raya, aktor terbaik yang pernah ada, uswatun hasanah kita, Rasulullah Nabiyyul ummah Muhammad SAW. Jikalau tidak ada beliau semua rasa sirna hilang makna, aktifitas beku membatu, pasif, sunyi tak ada suara-suara keindahan yang bisa kita nikmati di semesta ini.

Kedamaian juga kita hantarkan bagi khalifah-khalifah Rasulillah, wali-wali Allah sang penjaga risalah penuntun ummah. Kepada mereka kita terus menadah berkah atas semua jasa-jasanya memberikan teladan luhur dalam dunia keindahan Ilahi. Bahwa, “ Seni bukan tujuan tapi alat menuju Tuhan “.

Amma ba’du, adapun kita keluarga besar Sanggar Ar Rumi adalah pelaku yang paling bertanggung jawab atas apa yang sudah dilakukan terhadap maju dan mundurnya seni budaya daerah yang religius. Merasa terpanggil untuk mengumpulkan yang terserak dari tradisi-tradisi lisan ketulisan dalam bentuk sebuah buku kecil yang kami beri judul AR RUMI ( sebuah organisasi, bukan ideologi ). Isi buku ini tidak ada hubungannya dengan faham-faham, aliran-aliran maupun ajaran tertentu, tapi hanya membahas gerakan sebuah organisasi yang bernama Sanggar Ar Rumi STAI Darussalam Martapura.

Berharap dari tulisan ringkas ini, tradisi cinta, kasih sayang dan kerifan lokal dalam seni budaya dapat kita wariskan turun temurun mulai dari pendiri Sanggar Ar Rumi, pindah generasi kegenerasi di bawahnya, sekarang sampai akan datang, amiiiin.

 

 

Salam Budaya,

 

 

Keluarga Besar Sanggar Ar Rumi

 

Daftar Hati

1.     Ungkapan cinta..............................................................................................   i

 

2.     Rumi I     :    Muqaddimah                ...........................................................................             1

A.     Setitik sejarah          ....................................................................                        3

B.     Landasan berpijak                 .............................................................                               6

C.     Visi dan Misi.....................................................................

 

3.     Rumi II     :         Pemaknaan..............................................................................

A.  Kata Sanggar......................................................................

B.  Arti Lambang.....................................................................

v  Perisai............................................................................

Ø  Bentuk perisai...........................................................

Ø  Dasar biru muda.......................................................

Ø  Tepi kuning kecoklatan.............................................

Ø  Ukiran perisai............................................................

v  Bulu Burung...................................................................

Ø  Dasar putih..................................................................

Ø  Tepi hitam....................................................................

 

4.     Rumi III   :   Buah Hati.....................................................................................

A. Teater..................................................................................

B. Sastra...................................................................................

C. Nasyid...................................................................................

D. Sinoman Hadhrah..................................................................

E. Madihin..................................................................................

F.  Maulid Nabi...........................................................................

 

5.     Rumi IV   :   Managemen Organisasi....................................................................

A. SDM yang berkualitas................................................................

B. Loyalitas  yang tinggi.................................................................

v  Ada cinta di bilik Sanggar Ar Rumi.......................................

v  Menyebut diri mereka keluarga...............................................

v  Cenderung homuris..................................................................

v  Sanggar Ar Rumi adalah rumah kedua.....................................

v  Visi dan misi yang jelas............................................................

v  Ada AD/ART yang mengatur..................................................

v  Kepengurusan yang tepat.........................................................

v  Regenerasi yang bagus............................................................

6.     Rumi V    :   Ciri Khas Sanggar Ar Rumi................................................................

A. Salam budaya................................................................................

B. Salaman tangan..............................................................................

C. Panggilan Abang-adik, kaka-ading..................................................

D. Baju hitam putih..............................................................................

E. Kemeja Hitam……………………………………………………...

F.  Slayer………………………………………………………………

 

7.     Rumi VI    :  Pandai Menempatkan Hati.........................................................................

A. Dengan Tuhan pencipta kehidupan..............................................

B. Dengan Rasulullah SAW..............................................................

C. Dengan Aulia Allah.............................................................

D. Dengan agama islam..........................................................

E. Dengan NKRI..............................................................

F.  Dengan STAI Darussalam.............................................

G. Dengan BEM STAI darussalam.....................................

H. Dengan UKM lain..........................................................

I.   Dengan Pemerintah Daerah..........................................

J.   Dengan DKD ( Dewan Kesenian Daerah )........................

K. Dengan Organisasi seni lain............................................

L. Dengan media massa.....................................................

M.   Dengan sesama keluarga Sanggar Ar Rumi......................

 

8.     Rumi VII   :  Ruang Aktifitas..................................................................

A. Kegiatan yang pernah dilakukan...................................................

B. Kegiatan yang pernah dihadiri........................................................

C. Prestasi yang pernah diraih...............................................................

 

9.     Rumi VIII  : Kesimpulan.............................................................................................

 

10.  Lampiran    : AD/ART Sanggar Ar Rumi....................................................................

 

                                  Foto Kegiatan...........................................................................................

 

 

 

 

 

Rumi I

Muqaddimah

 

Tak terasa jarak yang kita tempuh makin jauh, jalan yang kita pijak terus menanjak. Tiba-tiba kita sudah sampai di sini tepat di tempat ini, dimana semua rasa berbaur jadi satu, minta rangkul, minta peluk dan cium dengan gairah cinta pada keindahan. Ya benar, di teras ini asa bermuara,  di ruang yang kita sebut rumah seni dengan gerak imajinasi berputar-putar liar mengitari hati kita. Sanggar Ar Rumi tepatnya, inilah rumah kita.

Rumah yang kita bangun dengan cinta dan air mata, suka_duka, tangis_tawa menghiasi lembaran-lembaran pengabdian hati diranah seni budaya. Tapi cukupkah itu?, tidak !!. Seandainya kita belum tahu dan kenal lebih dalam seperti apa sebenarnya ruang gerak dan aktifitas Sanggar Ar Rumi ketika melaksakan kegiatan seni budaya selama ini.

Berkaca dari hal inilah kami tergerak hati untuk membedah lebih dalam segala hal yang berhubungan dengan Sanggar Ar Rumi. mulai dari ; Sejarah berdiri, Landasan berpijak, Visi dan misi, Pemaknaan lambang, Buah hati, Managemen organisasi, Ciri khas, Pandai Menempatkan Hati serta Ruang Aktifitas dalam berbagai kegiatan yang dilakukan.

A.    Setitik Sejarah

Ketika daya nalar kita bergerak, mencari dan terus mencari bentuk yang diinginkan. Semua potensi titipan Tuhan direspon dengan semangat kearifan diri. Kadang semangat tersebut bergolak, menggelora dalam sanubari, minta refleksi dan proyeksi dalam realitas kehidupan ini.

 

Sebuah lembaga atau wadah bisa terbentuk menjadi solusi konkrit dari daya yang tak dapat ditahan lagi, titik tolak kelahiran generasi baru, era baru, semua membawa harapan indah bagi semua orang. Bukankah, tidak ada satupun kejadian yang kaluar dari ketentuan Tuhan yang sudah direncanakan di alam yang tak terjangkau oleh indera dan rasa ini.

 

Sanggar Ar Rumi, adalah salah satu bagian dari rencana cerdas Tuhan itu. Dia lahir di saat orang-orang sudah menggenggam budaya materil dengan eratnya, segala sesuatu selalu dinilai dari keindahan fisik, kebagusan rupa dan keberlimpahan harta tanpa mau dan mampu melihat dari sudut hati nurani yang hakiki. Pada akhirnya budaya kita yang relegius akan mudah luntur dan pudar diterpa bengisnya angin zaman materialistis.

 

Syahdan, awal bermula tepat tanggal 14 Januari 2004, sejarah itu terjadi. Bayi kecil, imut dan menggemaskan lahir dari rahim sejarah disebuah tempat yang teduh, sejuk dengan suasana religiusnya, STAI Darussalam tepatnya. Kemudian disapih, diasuh, dibesarkan dan dididik oleh hati-hati yang penuh cinta dan kasih sayang, Sanggar Ar Rumi mereka menamainya.

 

Kenapa Ar Rumi? Kita flashback kebelakang, kala itu ada beberapa alternatif bakal calon nama dari sanggar seni budaya yang baru lahir. Ada Al Ghazali, Abu Nawas, Ar Rumi bahkan Palui sampai ular pun ada yang mengusulkan, tentu dengan alasan dan argumen masing-masing yang sama bagusnya. Singkat kata, awal bermula dari pergolakan ideologi dan sekian nama yang di rekomendasikan cuma satu nama yang membuat hati-hati semua bertaut, mengerucut jadi satu, lalu membuat kesepakatan mesra, “ Ar Rumi “ kita tahbiskan menjadi nama sanggar ini.

 

Nama ini terinsfirasi dari seorang tokoh sufi pendiri tarekat maulawiah yang berpusat di Turki Istambul yaitu syekh Jalaluddin Muhammad bin Muhammad al-Balkhi al-Qunuwi, atau yang lebik akrab dipanggil Syekh Jalaluddin Ar Rumi. Lahir di Balkh sekarang wilayah Afghanistan pada tahun 604 H bertepatan tanggal 30 September 1207. Tidak hanya seorang sufi, beliau juga dikenal sebagai mistikus ulung penggubah syair-syair cinta pada Tuhan yang beliau ekspresikan lewat seni tarian berdaya magis tinggi ( Whirling Dervish ) dipadu dengan gemericik suara-suara musik yang syahdu mendayu, menggelora dan  menyentuh hati setiap insan yang mendengar, menghayati dan tenggelam dalam alunan cinta Rumi.

 

Kiranya tidak salah bagi Sanggar Ar Rumi ingin menggali kembali segala sesuatu yang ada hubungannya dengan semangat kereligiusan kultural dimana saat ini kita berpijak.  Dan semoga dapat diterjemahkan dalam kehidupan yang nyata. Terutama dalam bentuk keindahan seni. Baik dalam seni teater, hadhrah, madihin, sastra, nasyid, musik atau pun bentuk keindahan yang bernilai estetika tinggi, namun masih dalam ranah religius sebagaimana yang sudah dicontohkan oleh insfirator Sanggar kita, Syekh Jalaluddin Ar Rumi.

 

Udient Adiezt dan Aziz Muslim siapa sidin? Mungkin banyak yang tidak tahu dengan kedua tokoh sastrawan/seniman ini. Tapi beliau lah yang ikut memberi warna dalam sejarah perjalanan Sanggar Ar Rumi.  Sebelum Abang Udient wafat dan Abang Aziz keluar daerah, mereka berdua selalu setia memberikan butiran sejuk keilmuan baik rasio maupun spiritual. Dengan senang hati membina ading agar mampu berjalan mengangkat kesenian di STAI Darussalam Martapura. Pada tanggal 13 Juni 2004 mereka berdua semakin mengokohkan Sanggar Ar Rumi pada acara LATAL I (apa itu LATAL: baca terus nanti pasti ketemu aja kok.) dengan jumlah anggota 27 orang. Banyak lagi yang beliau ajarkan kepada sanggar Ar Rumi, beliau ada teman sekaligus guru bagi Sanggar Ar Rumi. Jasa beliau selalu tersimpan di sanubari Sanggar Ar Rumi.

 

B.    Landasan Berpijak

Spiritualitas cinta  adalah landasan berpijak Sanggar Ar Rumi, tentu spiritualitas cinta  yang berlandaskan islam rahmatan lil’alamin. Ibarat batang tubuh, landasan berpijak adalah rohiahnya. Sebagus apapun tubuh lahiriah yang dimiliki seseorang tidak akan ada manfaatnya tanpa roh yang menopang di dalamnya, kaku, beku tanpa rasa, kering bahkan cenderung menakutkan.

 

Dengan nilai-nilai spiritualitas cinta inilah, segenap keluarga besar Sanggar  Ar Rumi meniupkan roh-roh islam rahmatan lil’alamin di batang tubuh setiap kegiatan seni budaya yang dilaksanakan. Baik dikala pembuatan naskah dan pementasan teater, karya sastra, nasyid, hadhrah, madihin, acara maulidan dan seluruh kegiatan seni budaya yang dilaksanakan Sanggar Ar Rumi.

 

Sehingga apa yang ditampilkan lebih hidup, punya nyawa yang menggerakkan energi ketuhanan bagi orang yang menyaksikan karya-karya Sanggar Ar Rumi. Ini yang diharapkan, tebaran cinta pada Tuhan dan kasih sayang bagi semua orang memenuhi jiwa-jiwa insan yang sudah sangat ingin dekat dan  rindu Tuhan, semoga.

 

C.    Visi dan Misi

Sanggar Ar Rumi adalah sebuah wadah atau tempat berkumpulnya orang-orang kreatif yang selalu gelisah merangkai bisikan-bisikan hati untuk diwujudkan dalam bentuk karya seni. Individu-individu yang aktif, reaktif dan inovatif melahirkan karya-karya baru. Untuk mewujudkan itu semua Sanggar Ar Rumi harus memiliki visi dan misi yang jelas.

 

1.     Visi

Visi adalah suatu tujuan yang akan digunakan sebagai target yang harus di capai Sanggar Ar Rumi. Adapun visi Sanggar Ar Rumi :

Ø  Untuk menggali dan menemukan bakat seni tiap individu keluarga besar Sanggar Ar Rumi. Kemudian mengasah dan memolesnya dengan latihan-latihan serta karya-karya yang dilahirkannya.

Ø  Untuk menyalurkan hoby dan kreatifitas dalam berkesenian.

Ø  Untuk menjaga dan melestarikan seni budaya Banjar.

Ø  Untuk membentingi diri dari nilai-nilai budaya yang kurang baik.

Ø  Untuk menyebarkan pesan-pesan islami pada setiap kegiatan yang  dilaksakan.

 

2.     Misi

Misi adalah hal-hal yang harus dilakukan untuk mencapai satu tujuan ( visi ).

Ø  Mencari SDM yang berkualitas di bidang seni budaya dengan cara merima keluarga baru tiap tahunnya.

Ø  Terus menambah dan menggali ilmu-ilmu yang berhubungan dengan seni budaya baik dengan cara baca buku, ikut seminar dan acara-acara lainnya.

Ø  Sering silaturrahmi serta belajar langsung pada praktisi seni, tokoh-tokoh seniman, sastrawan dan budayawan lokal maupun nasional.

Ø  Selalu aktif ikut atau sebagai pelaksana acara-acara dan pentas-pentas seni baik teater, sastra, nasyid, hadhrah, madihin dan semua acara yang berhungan dengan dunia seni.

Ø  Bekerjasama dengan aktivis dan organisasi seni ysng lain dalam melaksanakan kegiatan dan event-event keseniaan lokal maupun nasional.

Ø  Menjadikan pemerintah daerah atau dinas terkait mitra sehati dalam kegiatan pelestarian budaya daerah.

 

Dari sekian bait-bait visi dan misi tersebut, wal hal yang paling utama dan terutama yang diharapkan terjadi dalam benak insan penghuni alam Sanggar Ar Rumi ialah ma’ rifat cinta kepada Tuhan sang pemilik maha. Sebagai tujuan akhir yang mesti dicapai setiap masyarakat yang hidup dalam lingkup keluarga ini. Keindahan bercinta dengan Tuhan itu lah yang mesti di cari. Melebihi tersuratnya barisan huruf Masya Allah itulah keasyik-masyukan cinta.

 

Rumi II

Pemaknaan

 

A.    Kata SANGGAR

Tiap organisasi apapun bentuknya pasti mempunyai tempat atau wadah dalam berkumpul untuk mempermudah proses administrasi, menyusun program, serta sosialisasi ke dunia luar sebagai basis atau kedudukan. Ada yang menyebutnya sebagai kantor, sekretariat, sanggar dan sebutan lainnya.

 

Istilah Sanggar dipilih dari sekian banyak istilah yang ada. Karena kata Sanggar sering dipakai dan sangat identik dengan dunia kesenian, memiliki hubungan yang erat dibanding dengan istilah yang lain.

 

B.    Arti Lambang

Layaknya sebuah organisasi, Sanggar Ar Rumi tentu memiliki lambang atau logo yang dapat mencirikan organisasi tersebut, sebagai manifestasi dari maksud dan tujuan Sanggar, yang tertuang dalam lukisan dan tulisan yang terdapat di dalamnya serta kearifan makna yang terkandung dari arti lambang tersebut.

 

 

 

Sanggar Ar Rumi.jpg
 

 

 

 

 

 

 

 


1.     Perisai

Perisai adalah hasil dari Olah daya masyarakat sejarah yang erat kaitannya dengan tradisi dan budaya Kalimantan, yaitu etnik Dayak sebagai suku asli orang Kalimantan. Benda-benda pusaka seperti Perisai, Mandau, tumbuh sebagai bagian dari karya original penduduk setempat khusunya suku Banjar.

 

Lambang Sanggar Ar Rumi mengambil bentuk perisai yang fungsinya sebagai alat pelindung diri untuk menahan serangan senjata musuh. Diharapkan pula, Sanggar Ar Rumi dapat menahan serangan kebudayaan materil, sekuler yang tidak berdasarkan nilai-nilai spiritual agama islam serta dapat menangkal budaya asing yang dapat merusak budaya daerah yang sudah menjadi kearifan lokal.

 

v Bentuk Perisai : Kedua ujungnya membentuk kerucut, merupakan bentuk khas perisai Dayak Kalimantan, dengan kiasan Sanggar Ar Rumi harus dapat melestarikan dan mengembangkan budaya asli daerah dan merealisasikannya dalam bentuk apresiasi seni yang dilaksanakan.

 

v Ukiran : ukiran yang ada pada kedua sisi perisai menuju ke arah tengah bermotif bunga serunai, sebagai ciri budaya islam banjar yang menangkal budaya luar yang berdampak negative. Selain itu menunjukkan keserasian estetika yang simetris. Diharapkan Sanggar Ar Rumi dalam berkesenian selalu berpijak pada nilai-nilai keindahan yang menuju pada titik inti yaitu keindahan Ilahi.

 

v Dasar biru muda :  Biru memiliki arti stabil karena itu warna langit. Meski kelabu dan mau turun hujan, kita tahu di atas awan-awan itu warna langit tetaplah biru. Biru juga identik dengan warna laut, apabila dipandang bisa memberikan rasa tenang, damai dan sejuk, efeknya bisa meningkatkan konsentrasi kita.

 

Terinsfirasi dari warna biru muda inilah Sanggar Ar Rumi dalam perjalanan kedepannya berharap tetap stabil, tidak mudah goyah terombang-ambing oleh perjalanan waktu dan himpitan zaman yang semakin bergerak maju. Tetap kuat bertahan, konsisten dalam berkarya serta dapat melahirkan ide-ide baru dalam berkesenian yang kehadirannya bisa memberikan energi positif bagi masyarakat sekitar.

 

v Garis Tepi : berwarna kuning kecoklatan. Kuning bagi masyarakat Kalimantan sering diidentikkan sebagai warna keramat, kemuliaan dan keberkahan. Sehingga kehadiran Sanggar Ar rumi dapat membewa keberkahan dan manfaat bagi anggota yang berada di tengah-tengah masyarakat umum.

 

Warna Coklat adalah warna dari kayu besi ( Ulin muda ), muda yang akan menjadi ulin tua dengan warna hitam dan menguat. Diharapkan Sanggar Ar Rumi terus berkembang, berkiprah dalam segala hal untuk mempersiapkan diri, menjadi kekuatan moril dalam pelestarian budaya dan seni daerah, tidak mengenal kata stagnasi ( beku kretifitas ) dalam berkarya.

 

2.     Pena Bulu

Zaman sekarang sudah ada ballpoin, keyboad dan alat-alat tulis modern lainnya, beda dengan zaman dahulu yang hanya menggunakan pena dari bulu untuk menulis. Tapi pada esensinya sama saja digunakan sebagai alat untuk menulis sesuatu, baik ilmiah maupun non ilmiah seperi karya-karya seni.

 

Karena Ar Rumi adalah Sanggar seni budaya, alangkah eloknya kita mengingat kembali sejarah  penulisan dan alat yang digunakan untuk menulis zaman dahulu untuk digunakan menjadi lambang sanggar kita. Dari filosufis pena bulu ini Sanggar Ar Rumi berharap kepada setiap individu keluarga besarnya untuk mencintai kegiatan tulis menulis apapun itu bentuknya, entah sastra, ilmu pengetahuan dan segala sesuatu yang ada hubungannya dengan dunia berkesenian.

 

v Dasar putih

Putih tanda bersih, suci dan ikhlas. Dengan harapan tiap kegiatan seni budaya yang dilakukan Sanggar Ar Rumi tidak termotivasi dari sesuatu yang bisa merusak keikhlasan hati dalam bersikap, bertindak dan berkarya.

 

v Tepi hitam

Hitam di luar, putih di dalam. Seperti inilah hidup, Kadang sesuatu itu tampak buruk di luar tapi baik di dalam. Anggaplah ini seni  pembelajaran hidup bagi Sanggar Ar Rumi untuk terus berbaik sangka pada Tuhan atas semua yang sudah, sedang dan akan terjadi.

 

C.    Tulisan Ar Rumi

Kenapa letaknya di bawah lambang, tidak di atas, samping kiri atau kanan. Bawah adalah sifat bumi, siap dijalani, diinjak bahkan dilempari kotoran. Tapi lihat, semakin diinjak semakin kuat, semakin diberi kotoran ( pupuk ) semakin subur. Begitulah harapan Sanggar Ar Rumi dalam perjalanannya nanti, semakin banyak prestasi yang didapat semakin rendah hati, semakin melimpah penghargaan yang diraih semakin tawadhu. Tidak tinggi hati, tidak sombong bahkan lebih membumi, amiiiin.

 

 

 

Rumi III

Buah Hati

 

Sebagaimana anak yang lahir karena cinta orang tua, Sanggar Ar Rumi-pun  lahir karena cinta. Cinta pada keindahan yang bersumber dari Tuhan, kemudian diformulasikan dengan berbagai macam ide-ide kreatif dan inovatif, dari manifestasi itu pula lahir anak-anak yang ada di dalamnya :

A.    Teater

Apapun bentuknya, dari manapun asalnya, hitam-putih hanya sebuah warna. Baik-buruk hanya rupa yang membingkai bentuk luar. Sedangkan segala sesuatu tidak dilihat dari luarnya saja, tapi jauh menusuk ke dalam hati seperti bunyi hadis Nabi : “Sesungguhnya Allah tidak memandang bentuk dan rupa-mu, melainkan hati-mu” ( HR. Imam Muslim ).

Teater yang berasal dari bahasa Yunani diambil dari kata theatron ( gedung pertunjukan ) yang berarti segala sesuatu dengan konsekuensi ada pemain dan pementasan. Teater identik dengan acting ( olah lakon ) yang dibingkai dengan cerita-cerita dan dipentaskan di atas panggung serta disaksikan oleh penonton. Di Sanggar Ar Rumi, teater tidak hanya menjadi ajang kreatifitas tatapi juga menjadi lahan dakwah, menyampaikan pesan-pesan Tuhan dengan samar dari cerita yang dipentaskan.

Melihat sisi kemanusiaan yang suci dari tatanan alam semesta yang meliputinya, timbul sebuah gagasan ( idea ) untuk meminiaturkan alam semesta dalam sebuah panggung. Dimana baik-buruk, kebencian, kedengkian, cinta, tawa, bertumpah ruah menjadi satu keindahan di atas panggung teater atau biasa dikenal dengan panggung sandiwara ( teater )

B.    Sastra

Dari sekian banyak keindahan yang dicipta Tuhan di alam semesta ini, sastra adalah salah satu bagian dari keindahan tersebut. Betapa tidak, dari keindahan susunan kata-katanya yang sarat dengan makna dari diksi ( pilihan kata ), rima, cara penyajiannya, sampai pada wujudnya sendiri selalu dihiasi dengan keindahan. Ada yang mewujudkan sastra dalam bentuk Novel, Roman, Cerpen, Puisi, Syair, Pantun, Gurindam dan lain sebagainya. Semuanya adalah produk imaji dan intuisi dari pelaku keindahan (seniman dan sastrawan).

Sumber keindahan, bunyi, irama ataupun susunan kalimat, sangat erat hubungannya dengan keindahan Al-Qur’an, Wahyu Samawi yang diturunkan Allah Swt kepada tokoh pencerah peradaban, yakni baginda Rasulullah Saw, sehingga banyak dari tokoh-tokoh dunia Islam yang mencontohkan dan menterjemahkan keindahan Al Qur’an ini dalam bentuk syair-syair dan keindahan lainnya.

Seperti syaikhuna Jalaluddin Ar Rumi ( Tokoh spiritual, Inspirator Sanggar Ar Rumi ) dengan karya puisinya “Matsnawi dan Diwan Syamsi Tabriz”, Fariduddin Attar pengarang Manthiquthair, dan juga Ibnu Araby pencetus faham Wihdatul Wujud seorang tokoh sufi dari negeri spanyol banyak memuat syair-syair ( puisi ) dalam karya-karya fenomenalnya. Imam Al-Ghazali ( hujjatul  Islam ), Imam Mujtahid yang empat ( Maliki, Hanafi, Syafii dan Hambali ), Imam Muhammad Al Bushiri ( pengarang Burdah ), Hamzah Fansuri ( penerus faham Ibnu Araby di Indonesia ). Syeikh Muhammad Arsyad Datu Kelampaian mencipta syair-syair yang memuji guru spiritualnya Syaikh Muhammad Samman Al-Madani yang dikolaborasikan dengan hentakan terbang, Datu Sanggul ( seorang Teman dari Syaikh Muhammad Arsyad ), yang semuanya sudah menciptakan peradaban dan menjadi penerus kebudayaan syair-syair profetik ( Syair-syair Sufi ) yang bagi orang Indonesia dialih bahasakan Syair menjadi Puisi dengan tujuan yang tidak jauh beda, yaitu melembutkan hati dan mendekatkan diri pada Tuhan Pencipta Alam Semesta.

C.    Nasyid

Salah satu bentuk kreatifitas dan inovatifnya insan, lahirlah Nasyid. Yaitu olah vokal ( menyayi ) dengan liriknya banyak diambil dari pesan-pesan Al-Qur’an, Hadis maupun syair-syair dari tokoh-tokoh sufi dunia Islam. Terkadang juga diiringi dengan alat-alat musik atau hanya dengan suara mulut yang dibunyikan menyerupai suara alat musik ( Acapella ).

Seni Nasyid berhasil memodifikasi media dakwah yang selama ini kaku, beku nyaris tidak ada nilai kreatifitasnya dirubah menjadi sesuatu yang santai, gaul dan funky bagi anak muda. Suatu terobosan baru bagi dunia dakwah Islam dan juga dapat dimanfaatkan bagi Sanggar Ar Rumi dengan sebaik-baiknya.

D.    Hadhrah

Masyarakat Banjar menyebutnya Sinoman Hadhrah, seni tradisional islam khas Banjar yang diiringi tari-tarian menggunakan putaran payung ubur-ubur ( lambang keagungan dalam kehidupan tradisional masyarakat Banjar ), indah berpadu dalam ritmis pukulan musik terbang ( rebana ), mesra mendayu dengan syair puji-pujian untuk Allah, Rasulullah dan Aulia Allah serta papadah-papadah agama.

 

Dulu Sinoman Hadhrah sering ditampilkan dalam berbagai macam acara yang bernuansa keagamaan seperti sunatan, perkawinan atau penyambutan tamu-tamu kehormatan. Tapi sekarang penggunaan kesenian ini sudah mulai berkurang, sehingga Sanggar Ar Rumi tergerak hati untuk terus merawat dan melestarikannya dalam khazanah budaya Banjar.

 

E.    Madihin

Madihin (berasal dari kata madah dalam bahasa arab yang berarti "nasihat", tapi bisa juga berarti "pujian") adalah sebuah genre puisi dari suku Banjar. Puisi rakyat anonim bergenre Madihin ini cuma ada di kalangan etnis Banjar di Kalsel saja. Bisa dimainkan oleh satu orang atau lebih diiringi dengan pukulan terbang yang sangat khas dengan bahasa Banjar yang sangat kental.

 

Jika dilihat dari bentuk dan jenisnya maka madihin sebagai kesenian tradisional masyarakat Banjar dapat digolongkan kepada jenis sastra lama (tradisi lisan) yang berbentuk puisi atau pantun. Akan tetapi walaupun demikian madihin sendiri mempunyai karakteristik yang cukup unik, sebab ia merupakan perpaduan dari tiga unsur seni, yakni seni suara ( syair/lagu ), seni musik dan seni gerak (mimik)..

 

Madihin dituturkan sebagai hiburan rakyat untuk memeriahkan malam hiburan rakyat ( bahasa Banjar Bakarasmin ) yang digelar dalam rangka memperingati hari-hari besar kenegaraan, kedaerahan, keagamaan, khitanan, menghibur tamu agung, menyambut kelahiran anak, pasar malam, penyuluhan, perkawinan, pesta adat, pesta panen, saprah amal, upacara tolak bala, dan upacara adat membayar hajat ( nazar ).

 

Madihin ini merupakan warisan budaya leluhur masyarakat Banjar yang harus kita pelajari, dalami, jaga dan lesrikan di tanah banua. Dan Sanggar Ar Rumi mengambil peran dalam upaya pelestarian adat budaya itu sebisa yang kita mampu.

 

F.    Maulid Nabi

 

Maulid terkadang disebut juga maulud ( bahasa Arab ) atau muludan ( bahasa Banjar ) yang berarti peringatan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW dan di indonesia jatuh pada tanggal 12 Rabiul awal tiap tahunnya. Zaman sekarang terjadi pergeseran waktu dalam hal pelaksanaan, maulid tidak mesti dilakukan pada tanggal kelahiran Rasulullah saja tapi bisa dilakukan sembarang masa, tiap hari, mingguan, bulanan atau tahunan ( yang Akbarnya ) pada bulan Rabiul awal.

 

Khusus daerah Banjar Maulid Nabi identik dengan pembacaan kitab-kitab sejarah perjalanan Rasulullah SAW ( baik kitab Al Barzanji, Diba’i, ‘Azab maupun Simthuddurar/Al habsyi ), yang berisi lantunan shalawat nabi, jabaran keistimewaan yang berhias akhlak- akhlak terpuji beliau mulai lahir sampai dipanggil kehadhrah Allah SWT. Berpadu dengan syair-syair pujian bagi Allah, Rasulullah dan aulia Allah serta di iringi hentakan pukulan terbang dengan nada dan ritme yang menyentuh kerinduan kita pada Rasulullah SAW.

 

Bagi kita Maulid Nabi adalah rohnya Sanggar Ar Rumi, kegiatan cinta yang terus dikobarkan, dilakukan dan dirutinkan setiap waktunya. Dengan satu pengharapan, semoga balutan cinta kita disambut Rasulullah SAW dengan hati yang penuh cinta pula, pada akhirnya Allah Sang pemilik kehidupan akan mencucurkan rahmat dan cintanya pada kita semua. Maka berkahlah seluruh kegiatan seni budaya yang dilakukan, amiiin..

 

 

G.   Pengembangan Diri

Tidak semua orang mampu menjadi pekerja seni atau mempunyai keahlian di bidang seni. Terkadang karena seorang insan merasa tidak mempunyai bakat kesenian ia menjadi minder akhirnya menyebabkan keapatisan terhadap seni itu sendiri. Cenderung menganggap seni itu tidak berguna dengan kehidupannya nanti. Kecenderungan itu lah yang bisa mengakibatkan kematian bakat alamiahnya sendiri karena tidak mempunyai jalan arah tujuan.

 

Pengembangan diri yang dimaksud adalah Sanggar Ar Rumi berusaha semaksimal mungkin kepada seluruh masyarakatnya agar mempunyai kemampuan, keahliah, skil serta kreatifitas diluar bidang seni atau yang berdekatan dengan seni. Dengan di bekali keahlian yang sesuai dengan bakat alaminya sendiri. Hal itu kemungkinan bisa menghilangkan rasa ketidak perdulian dalam dirinya terhadap hal-hal yang dianggapnya tidak penting.

 

Tidak semua orang mempunyai bakat seni tapi tiap manusia pasti di beri oleh Allah SWT keahlian yang berbeda-beda. Entah itu pemikiran maupun tenaga. (nangkaya patukangan palistrikan, tamasuk tukang suruh-suruh nintuh kada sabarataan bisa kalu). Nah disinilah peran Sanggar Ar Rumi berusaha menggali bakat pribadinya serta dengan sepenuh hati mencoba mengembangkan dan memfasilitasi. Sehingga ketika menjalani kehidupan dewasa nanti ia sudah mempunyai keahlian sendiri yang bisa di aplikasikan untuk kehidupannya sendiri.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Rumi IV

Managemen Organisasi

 

Baik dan buruknya sebuah organisasi dipandang dari baik dan buruknya managemen ( cara mengelola ) orang-orang yang ada di dalam organisasi tersebut. Sanggar Ar Rumi akan terus maju berkembang, utuh bertahan, jadi legenda dalam sejarah seni budaya  dan dicatat dengan tinta emas peradaban apabila ada ;

A.    SDM yang berkualitas, tidak hanya mampu tapi mau belajar

Kualitas seseorang itu bukan bakat alami yang hanya dimiliki oleh segelintir orang saja, tapi hasil dari didikan dan tempaan ilmu pengetahuan yang dipelajari. Semua orang bisa meraihnya asal ada kemauan untuk memperdalam dan mengamalkan ilmu yang sudah didapat.

 

Contoh Sanggar Ar Rumi, kualitas SDM  tidak langsung didapat dan sekali jadi tapi seiring dengan waktu yang berjalan mulai dari belajar teori-teori kesenian, menguasai ilmu managemen organisasi sampai praktik langsung di lapangan melalui kegiatan dan jabatan yang di amanahkan.

 

Bahkan, terkadang kualitas sebuah organisasi hasil dari kekurangan tambah kelebihan yang saling melengkapi, tutup menutupi  satu dengan yang lainnya. Sampai menjadi kekuatan yang utuh, solid, kuat karena bekerja bersama. Akhirnya untuk menemukan SDM yang berkualitas cari orang-orang yang mau bersinergi, bekerjasama dan punya semangat tinggi untuk belajar.

 

B.    Loyalitas orang-orang yang ada di dalamnya, saling bekerjasama dengan kompak untuk mencapai tujuan bersama yang sudah direncanakan. Untuk menumbuhkan semangat loyalitas yang tinggi Sanggar Ar Rumi memupuk tiap individu anggotanya dengan ;

 

1.     Ada cinta di bilik Sanggar Ar Rumi

Jangan salah faham, ini bukan cinta dengan lawan jenis apalagi dengan sesama jenis, hehehe. Ini adalah cinta yang menggelora di lubuk-lubuk hati kita pada Sanggar Ar Rumi. Cinta itu nampak terlihat ketika ;

 

Ø  Bekerja dengan ikhlas yang datang dari hati terdalam, tanpa mengharap balasan, keuntungan, imbalan atau adanya tekanan, paksaan dari orang lain. Bagi Sanggar Ar Rumi haram hukumnya mencari duit, hujungan dari kegiatan yang dilakukan untuk kepentingan pribadi.

 

Ø  Budaya memberi bukan meminta, dengan semangat “ Apa yang bisa kuberi bukan apa yang bisa kudapat dari Sanggar Ar Rumi “. Apabila sifat memberi mendarah daging di keluarga kita Maka Sanggar Ar Rumi akan tumbuh subur, besar dan rimbun dengan segala kegiatan dan prestasi yang didapat.

 

2.     Menyebut diri mereka “ keluarga”

Kenapa keluarga? Tidak kelompok, komunitas atau sebutan lainnya. Karena sebutan keluarga terasa lebih enak didengar telinga, lebih dekat dirasa dan lebih erat di sanubari. Jiwa-jiwa yang terserak seakan-akan hancur menyatu jadi satu, tiada aku- ikam, senior joniur  lebur menjadi kaka- ading, abang-adik.

 

Dari sinilah tumbuh rasa badangsanakan, sarantang-saruntung, seiya sekata, samuak saliur, senasib sepenanggungan, ibarat makan sepiring berdua ( sadaun sabarataan ), secangkir bergantian. Tidak ada superior dikeluarga kita, sok pintar, otoriter, asa pambisanya, pina paiyanya, kerja sendiri, gawi borongan, yang tumbuh hanya semangat kebersamaan, saling berbagi, nasehat menasehati, tolong batolongan, bahu membahu, bergandengan tangan membesarkan Sanggar Ar Rumi.

IMG_20151013_145134.jpg

Andai ada duri atau batu kerikil penghalang jalan, anggaplah itu sebagai hiasan keindahan. Dan andai ada masalah menghimpit perasaan antara kita atau datang dari luar keluarga Sanggar Ar Rumi, cepat-cepatlah buka hati untuk mencari titik temu yang paling bijak dalam forum musyawarah mufakat. Ingat !!, kita adalah satu keluarga yang diikat dengan tali suci persaudaraan, bukankah sesama saudara dilarang saling bacakut, bararangutan apalagi sampai bakalahian.

 

Kalau rasa kekeluargaan ini sudah mendarah daging maka setiap kegiatan yang berat jadi ringan, susah jadi mudah, rintangan jadi tantangan, halangan jadi harapan  karena dilakukan bersama-sama dengan hati senang dan gembira, semoga.

 

3.     Cenderung humoris

Sifat bagagayaan, bercanda disetiap kesempatan dalam sebuah organisasi tidak dilarang asal dalam batas-batas kewajaran dengan kesepakatan tidak boleh tersinggung, dendam dan mengeluarkan kata-kata kasar  yang bisa melukai hati keluarga kita sendiri.

 

Intinya, dengan sifat humoris yang ada di lingkungan keluarga besar Sanggar Ar Rumi membuat suasana beku mencair, tidak kaku, tegang dan mencekam, serba salah apa yang harus dilakukan. Terganti dengan suasana senang, gembira, ramai dengan canda tawa.

 

Sehingga seluruh keluarga besar Sanggar Ar rumi tidak merasa bahwa mereka sedang berorganisasi tapi asa bakakawanan banarai, santai, enjoy dan terus mengalir seperti mengalirnya air. Kegiatan demi kegiatan silih berganti dilaksanakan dengan senang hati tanpa ada beban, paksaan maupun tekanan yang menghimpit perasaan.

 

4.     Sanggar ( sekre ) adalah sarang, rumah kedua

Bagi seluruh keluarga besar Sanggar Ar Rumi sekre layaknya sebuah rumah, di situ mereka ngumpul, parkir kendaraan, meletakkan barang-barang, beraktifitas, bersenda gurau, makan minum, beristirahat. Dibenak mereka, tak afdhal rasanya jika sehari tanpa mampir ke Sanggar Ar Rumi, kata sebagian yang lain ; kada sampai kampus lagi bila kada singgah ka Sanggar walau satumat. Buatlah Sanggar Ar Rumi itu sasak, hibak dengan bau ide-ide kreatif yang tercium dari kepala Kaka-ading, Abang-adik yang selalu berbaur di rumah yang kita cintai ini.

 

5.     Visi dan misi yang jelas

Tanpa ada misi yang jelas maka visi tidak akan pernah tercapai. Maka dari itu visi dan misi sangat berkaitan erat satu sama lainnya. Kembali ke Rumi I, maka itulah visi dan misi yang akan dilaksanakan oleh semua keluarga besar Sanggar Ar Rumi dari masa kemasa.

 

6.     Ada AD/ART yang jelas

AD/ART adalah Undang-Undang yang mengatur jalannya sebuah organisasi. Maka fahami, patuhi dan laksanakan peraturan tersebut dengan sebaik-baiknya. Untuk lebih  jelasnya, lihat AD/ART ( sebagaimana terlampir ).

 

7.     Kepengurusan yang tepat

Untuk membantu jalannya organisasi dan tercapainya visi dan misi yang sudah ditetapkan maka dibentuklah kepengurusan melalui mekanisme pemilihan ketua umum, wakil ketua umum, sekretaris, bendahara umum dan divisi-divisi yang ada di bawahnya dengan cara musyawarah mufakat. Adapun tugas dan tanggung jawab pengurus dapat dilihat di AD/ART Sanggar Ar Rumi ( sebagaimana terlampir ).

 

8.     Regenerasi yang bagus

Sebuah organisasi akan tetap eksis, terus bertahan dan berjalan baik apabila ada regenerasi yang bagus di dalamnya melalui kaderisasi penerimaan anggota keluarga baru tiap tahunnya. Sehingga kemampuan, keahlian, cinta dan semangat meneruskan jalannya organisasi dapat diwariskan dari masa ke masa pada generasi yang hadir setelahnya. Untuk mencapai itu semua Sanggar Ar Rumi melakukan pendidikan dan pelatihan dasar seni budaya yang dibagi menjadi dua ;

 

a.     Pra LATAL adalah pendidikan dan pelatihan dasar berkesenian baik teater, sastra, hadhrah, madihin, olah vokal, olah tubuh, olah pernafasan dan hal-hal yang berhubungan dengan seni budaya lainnya. Materi dibagi menjadi dua porsi, 75% teori 25% praktik. Acara biasanya dilaksakan hanya satu hari dan dilakukan  dalam ruangan.

 

b.     LATAL adalah pendidikan dan pelatihan lanjutan dengan materi yang lebih luas dari Pra LATAL, 75% praktik 25% teori. Dilaksanakan di luar ruangan langsung di lokasi alam bebas. Acara dilaksanakan tiga hari dua malam, diakhiri dengan pengokohan keluarga baru Sanggar Ar Rumi dan mulai saat itu berhak menggunakan nama Rumi dibelakang namanya.

 

Selebihnya sebagian fungsi dari Pra Latal dan Latal sebagai media mendekatkan seluruh masyarakat latal (peserta & panitia), bersatunya air mata masyarakat latal menjalin ikatan tali persaudaraan. disinilah mulai terbentuknya cinta didalam hati sehingga rasa saling menghormati dan saling menghargai serta melindungi baik nang tuha lawan nang anum tertanam dalam, hingga membuahkan Keluarga Besar yang baru di Sanggar Ar Rumi sehingga menghilangkan aspek senioritas akan tetapi menjadi Dangsanak.

IMG_5276.jpg

 

 

Rumi V

Ciri-ciri Khas Sanggar Ar Rumi

    

Seseorang dikenal karena ada ciri khas yang  membedakan dia dengan yang lainnya. Begitu juga Sanggar Ar Rumi dikenal karena berbeda dengan organisasi lainnya. Di antara ciri-ciri khas tersebut adalah ;

A.    Penggunaan kalimat “ Salam Budaya”

Tentu setelah mengucapkan salam yang disyari’atkan agama islam. Salam ini digunakan secara lisan, ketika bertemu sesama keluarga Sanggar Ar Rumi, seniman, sastrawan mupun penggiat dunia seni lainnya. Atau tulisan, baik ketika menulis surat menyurat, proposal, pemberitahuan, pengumuman dan segala sesuatu yang berhubungan dengan duni tulis menulis. Di dalam diri sanggar Ar Rumi pun mempunyai sebuah keunikan. Berbeda dengan penggiat seni yang lain yang mengangkat kepalan tangannya keatas ketika mengucapkan salam. Sanggar Ar Rumi melakukan itu dengan cara yang berbeda yaitu dengan mengangkat tangan dengan menyatukan ujung jempol dan ujung jari telunjuk (membentuk lingkaran). Sedangkan jari lain dibebaskan lepas tanpa diperintah untuk mengepal. Bukan berarti hal ini tidak mempunyai arti. Hal ini berkaitan dengan surah Al Ikhlas. Baca saja artinya kalian pasti akan mengerti.

 

B.    Bersalaman tangan

Bersalaman berasal dari kata salam arti selamat. Caranya seperti yang dilakukan kebanyakan orang tapi diakhiri dengan menjabat ibu jari dari orang yang kita salami. Secara psikologis hal ini bila dilakukan bisa memberikan efek positif dari orang yang kita salami, lebih akrab, rasa badangsanakan, timbul rasa saling percaya dan mempercayai.

 

C.    Panggilan Abang-adik atau kaka-ading

Sudah menjadi kebiasaan di Sanggar Ar Rumi bagi keluarga yang lebih tua dipanggil Abang atau kaka dan yang lebih muda dipanggil Adik atau ading. Tiada hal lain ini dilakukan dengan tujuan lebih mengakrabkan dan menumbuhkan rasa badangsanakan sesama keluarga besar Sanggar Ar Rumi.

 

D.    Baju Kaos hitam putih

Hitam putih mewakili karakter dan sifat manusia, ada baik, ada jahat, kadang sedih, kadang senang, silih berganti datang dalam kehidupan insan. Terinsfirasi dari warna inilah Sanggar Ar Rumi mencoba menterjemahkan kehidupan  yang ada dalam bentuk selembar baju.  Hitam di kiri, putih di kanan hal ini menyatakan bahwa yang  jahat itu berada  di jalur kiri yang salah ( perbuatan yang tidak diridhai Tuhan ), sedang yang baik itu berada di jalur yang benar ( perbuatan yang diridhai Tuhan ).

 

E.    Baju Kemeja Hitam

Keindentikan orang yang penggiat seni itu selalu di cap orang amburadul, tanpa aturan atau bebas. Entahlah! Selama ini begitulah konotasi negatif yang semayamkan secara turun-temurun. Disini Sanggar Ar Rumi pun mencoba menghilangkan sugesti seperti itu. Sanggar Ar Rumi pun bisa tampil rapi tanpa meninggalkan ciri khasnya baik pada acara formal maupun informal. Kenapa harus warna hitam saja?.supaya nyaman di tapas banare walae, kada parigat lakunnya tieh..wkkwkwkwkwkwk. Pemilihan warna hitam bukan sekedar kebetulan saja. Ribuan perdebatan telah menyaksikan hadirnya warna ini. Alasan pertama selain nyaman di tapas warna hitam memang sangat dekat dengan seni. Kedua dengan harapan seluruh  anggota terus bertafakkur jangan merasa lebih baik atau merasa lebih bersih dan lebih putih hati dari orang lain. Setidaknya menyadari manusia itu pasti ada kekhilafan dalam tiap harinya.

 

F.     Slayer

Dulu slayer memang hanya di pakai oleh organisasi tertentu saja. Tapi Sanggar Ar Rumi mencoba hal yang baru (kadanya panurutan pang lah), tapi memandang fungsi dari slayer itu sendiri. Apa garang fungsinya?. Hampir sama dengan yang lainnya slayer adalah alat multifungsi untuk kegiatan didalam ruangan maupun diluar baik sifatnya fashion maupun insidentil. Tidaklah lupa ini juga trend anak organisasi zaman sekarang. Tapi dengan membubuhi lambang Ar Rumi maka itu menjadi ciri khas bahwa Ar Rumi juga mampu beradaptasi dengan semua elemen/generasi. tidak akan pernah ketinggalan dengan sanggar atau organisasi lainnya tanpa meninggalkan fungsi utamanya.

 

 

 

 

                  

 

 

 

 

 

 

 

 

                                                                       Rumi VI    

PANDAI MENEMPATKAN HATI

 

Orang pandai disuka orang, minimal tidak dibenci. Ini harapan kita sebagai pelaku seni, terutama bagi Sanggar Ar Rumi. Maka pandai-pandailah menempatkan hati dan diri di tengah-tengah aktifitas kita, terlebih lagi ;

A.    Dengan Tuhan Pencipta Kehidupan

Sanggar Ar Rumi menempatkan Tuhan di atas dari segala-galanya. Karena Dia adalah Sang Pengatur ( sutradara ) kehidupan yang sebenarnya. Satu-satunya penata lakon dalam panggung kehiduan dunia, ada yang kebagian peran baik,  ada juga yang buruk semua berjalan mengiringi takdir masing-masing.

 

Tuhan adalah satu-satunya kreator terbaik di alam semesta, Sang Maha kreatif, inovatif  mencipta sesuatu yang belum ada menjadi ada. Lihatlah, sesuatu itu nampak bagus dan indah karena campur Tangan Tuhan yang memolesnya. Begitu sebaliknya, sesuatu menjadi buruk dan menjemukan karena Tuhan yang menetapkannya.

 

Maka  dari itu Sanggar Ar Rumi dalam setiap kegiatan yang dilaksakan dan karya yang  dihasilkan selalu bermuatan nilai-nilai keTuhanan di dalamnya. Sebagai ungkapan rasa syukur atas nikmat berkesenian dan sebagai media dakwah amar ma’ruf nahi munkar bagi diri dan orang lain.

 

B.    Dengan Rasulullah SAW

Kita sama tahu, Rasulullah SAW adalah aktor ( pameran ) terbaik yang pernah ada di panggung kehidupan dunia ini, dari dulu, sekarang sampai akhir zaman. Sehingga tak salah kalau Sanggar Ar Rumi menjadikan beliau idola dan teladan utama dalam menjalani hidup dan penghidupan, terutama dalam kegiatan seni budaya yang diwujudkan dengan sering memuji-muji beliau melalui acara maulidan yang rutin dilakukan.

 

C.    Dengan Aulia Allah

Ingat !!!, penamaan Sanggar Ar Rumi terinsfirasi dari nama tokoh sufi Jalaluddin Ar Rumi seorang wali Allah, ahli sastra, penyair sufi yang sulit dicari bandingnya di zaman ini. Beliau menjadikan seni budaya hanya sebagai alat untuk taqarrub pada Tuhan bukan tujuan akhir. Berharap dari itu, semoga Sanggar Ar Rumi mampu mewarisi jalan yang sudah dicontohkan beliau, amiin.

 

D.    Dengan agama islam

Tiada nikmat yang lebih indah dan agung selain nikmat iman dan islam. Terlahir sebagai seorang muslim di lingkungan dan pendidikan yang islami pula. Kawan, sahabat, sanak saudara dalam naungan agama yang sama, islam rahmatan lil’alamin. Agama pencerah pambawa panji-panji Rasulullah untuk semua umat manusia. Alhamdulillah adalah kata terindah yang kita persembahkan atas semua nikmat yang sudah diberi Tuhan, kemudian kita terjemahkan pada berbagai kegiatan keagamaan seperti ; ikut meramaikan dan memeriahkan syi’ar-syi’ar islam dalam peringatan HBI ( Hari Besar Islam ) yang diadakan di daerah kita.

 

E.    Dengan NKRI

Bangga kah kita ketika mendengar Indonesia, tentu bangga bukan?. Ini negara kita, tumpah darah kita, tanah air kita. Negara merdeka, berdaulat yang sudah diakui dunia. Tapi sudahkah kita cinta dengan negeri ini? Bukankah ; “hubbul wathan minal iman”, cinta pada bangsa dan negara sebagian dari iman. Kalau cinta, buktikan dengan sumbahsih kita dengan ikut memeriahkan kegiatan pada perayaan Hari Besar Nasional yang diadakan pemerintah daerah ataupun pusat.

 

F.     Dengan STAI Darussalam

Kita lahir di sini, tumbuh besar dilingkungan STAI Darussalam. Dulu ketika Sanggar Ar Rumi baru dibentuk dan diakui keberadaannya oleh pihak kampus, kita tak punya rumah tempat beraktifitas maka STAI Darussalam yang memberi dan membikinkan sekretariat buat kita. Oleh karena itu, jangan sekali-kali lupakan sejarah ; hormati, harumkan institusi STAI Darussalam dengan kegiatan dan prestasi yang kita raih.

 

G.    Dengan BEM STAI Darussalam

Sanggar Ar Rumi hanyalah salah satu UKM ( Unit Kegiatan Mahasiswa ) yang di bawah BEM.Maka bekerja samalah dengan cara yang paling elok dengan BEM, jangan keluar dari aturan-aturan yang sudah ditetapkan mereka.

 

H.    Dengan UKM lain, baik intra maupun ekstra kampus

Kita dengan UKM lain ( intra atau ekstra ) kampus adalah bersaudara. Dengan mereka ; bersilaturrahmilah, saling hormat menghormati, tanggalkan ego kita, jangan arogan dan sedapat mungkin bekerjasama dengan profesional dengan mereka.

 

I.      Dengan Pemerintah Daerah dan Dinas Pariwisata

Ibarat dua sisi mata uang yang berbeda tapi punya fungsi masing-masing. Maka PEMDA sangt membantu terlaksananya sebuah acara yang dilaksanakan oleh Sanggar Ar Rumi terutama dalam hal bantuan pendanaan. Sedangkan Dinas Pariwisata dalam hal pembinaan, pelatihan dan kemitraan pada kegiatan seni budaya yang dilakukan. Pererat lagi hubungan dengan keduanya.

 

J.      Dengan DKD ( Dewan Kesenian Daerah )

DKD adalah rumah tempat beraktifitasnya para penggiat, praktisi, seniman, sastrawan, budayawan  dan pencinta seni. Sering-seringlah bersilaturrahmi dengan mereka, bergaul, belajar serta bekerjasama dengan mereka akan menambah wawasan, pengalaman serta kualitas dari seni budaya yang kita lakukan.

 

K.    Dengan organisasi seni budaya lain

Meraka adalah mitra sehati kita dalam kegiatan dan pelestarian seni budaya daerah. Jaga silaturrahmi dan bersinergilah pada tiap acara yang dilaksanakan, undang dan ikut aktif dalam kegiatan yang dilakukan bersama.

 

L.    Dengan masyarakat umum

Ar rumi adalah sanggar kampus, tapi medan beraktifitasnya tidak harus di lingkungan kampus saja karena Sanggar Ar Rumi adalah milik semua orang. Tidak elok rasanya andai masyarakat sekitar tidak merasakan manfaat kehadiran kita di lingkungan mereka. Terima dan beri tontonan terbaik bagi mereka dari karya seni kita, jika ada undangan yang datang.

 

M.   Dengan Media Massa ( Koran, TV, Radio )

Supaya dakwah seni budaya kita sampai ke khalayak ramai, masyarakat umum tahu keberadaan Sanggar Ar Rumi tentu bantuan dari pemberitaan media massa suatu keniscayaan yang harus kita lakukan. Maka undanglah, ajaklah mereka ( wartawan ) terlibat langsung dalam kegiatan yang kita lakukan.

 

N.    Dengan sesama keluarga Sanggar Ar Rumi

Sebagaimana yang sudah kita rasakan dan sepakati bersama, kita adalah keluarga sehati seperasaan, sejiwa sebadan, senasib sepenanggungan. Ingat nasehat bijak bestari, ringan sama dijinjing berat sama dipikul, berdiri sama tinggi duduk sama rendah. Tidak ada beda satu dengan yang lain karena kita satu dan menyatu, sama seperti anggota tubuh yang utuh, satu sakit maka seluruh anggota yang lain merasa juga, begitu sebaliknya satu bahagia maka bahagialah seluruhnya. Itulah kita, Sanggar Ar Rumi dari mulai berdiri, sekarang dan insyaAllah sampai selamanya terus berkasih sayangan, amiin ...

 

 

 

Rumi VII

RUANG AKTIFITAS

Sebuah organisasi baru bisa diakui dan dirasakan kehadirannya apabila ada aktifitas dan manfaatnya untuk kita dan orang lain yang ada di sekitar organisasi tersebut. Untuk itu Sanggar Ar Rumi selalu mendokumentasikan tiap kegiatan yang sudah dilakukan ;

1.     Kegiatan yang pernah dilakukan

a.   Workshop Teater Tradisi dan Modern 2011

b.   Lomba Baca Puisi Tingkat Pelajar Se-Kab.Banjar dalam rangka Harlah Sanggar Ar Rumi ke VIII dan menampilkan Teater ‘Ummi” tahun 2011

c.   Lomba Bakisah Bahasa Banjar Tingkat Pelajar Se-Kab.Banjar dalam rangka Harlah Sanggar Ar Rumi ke IX dan Menampilkan Teater Monolog “Secercah Harapan hijau” karya Mihrab Afnanda tahun 2012

d.   Pentas Seni Malam Akhir Tahun 2011-2014

e.   Harlah Sanggar Ar Rumi ke X Menampilkan Teater “Setan Bunting II” karya Rajudin tahun 2013

f.    Harlah Sanggar Ar Rumi Ke XI menampilkan Kolaborasi (Random Art)  Musikalisasi Puisi, Sinoman Haderah, Madihin Digital dan Teater yang berjudul “Racun Warisan” karya M.Laisy yang di angkat dari novel Racun karya M.Bulkini

2.     Kegiatan yang pernah dihadiri

a.   Workshop Teater Gabungan di Sungai Tabuk tahun 2011

b.   Aruh Sastra ke dari tahun 2004- hingga Sekarang

c.   Tadarus Puisi di Banjarbaru tahun 2007-2013

d.   Volunter Tetap Poetry In Action di Banjarbaru (tiap akhir bulan) 2011-Sekarang

3.     Prestasi yang pernah diraih

a.   Juara I Baca Puisi dan mewakili Kalimantan Selatan ke Mataram 2013

b.   Juara Favorit Pawai Budaya Kalimantan Selatan 2014

c.   Juara Harapan I dan III Festival Madihin Se Kalimantan Selatan 2015

d.   Juara I dan II Festival Madihin Se Kab.Banjar dan Kota Banjarbaru 2015

e.   Juara II Festival Madihin Islami Se Kalimantan Selatan 2015

f.    Juara II Cipta puisi antar Mahasiswa Se Kalimantan Selatan di Banjarmasin 2015

Ini sebagian kecil dari aktifitas sanggar Ar Rumi. Masih banyak lagi kegiatan yang belum termaktum dalam coretan kecil ini. Bahkan seandainya ini diceritakan mungkin akan memakan waktu berhari-hari. Tapi disinilah sanggar Ar Rumi hadir untuk terus menyambut ribuan ide dari masyarakatnya. Walaupun tidak ada tulisan, gambaran tapi semua itu sudah terekam jelas pada hati-hati setiap dangsanak di Sanggar Ar Rumi

 

 

Rumi IX

Kesimpulan

 

Walhasil, semoga kehadiran Sanggar Ar Rumi di tanah Borneo membawa dampak positif bagi diri kita sendiri, orang lain dan lingkungan sekitar. Sehingga gairah berkesenian tambah semarak, lebih berwarna, makin menggelora, mengeliat-geliat minta wujudkan dalam bentuk karya-karya seni.

Bagi kita selaku keluarga besar Sanggar Ar Rumi, mampu menjadikan seluruh kegiatan yang dilakukan sebagai wasilah dakwah untuk menyampaikan pesan-pesan islami sebatas yang kita mampu. Serta kita jadikan ini, layaknya jihad budaya untuk menahan, melawan, dan memenangkan pertarungan dengan budaya-budaya modern yang bisa merusak tatanan budaya daerah yang sudah mapan dan religius. Amiin yaa Rabbal ‘alamiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DAKWAH BANJAR | هذا من فضل ربي