DAKWAH BANJAR

Sebuah Media Informasi. | مَنْ دَلَّ عَلَى خَيْرٍ, فَلَهُ مِثْلُ أَجْرِ فَاعِلِهِ |"Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, maka ia mendapatkan pahala seperti pahala orang yang melakukannya."

Sabtu, 15 Agustus 2020

IMAM BUKHORI (Al imam Muhammad bin Isma’il AlBukhori)

 Beliau adalah Al imam Muhammad bin Isma’il AlBukhori.


Mungkin kita sering mendengar setelah “HADIST RIWAYAT IMAM BUKHORI”.


beliau adalah Al Imam Muhammad bin is’mail al Bukhori.


Beliau adalah orang yang sangat takut kepada Allah, banyak ibadah, dermawan, dan banyak sekali bliau menghafal dan menjaga ke aslian hadist hadist Nabi Muhammad SAW.


Adalam kitab Hadyu Assari hal 487 Muhammad bin Hamdawiyah bercerita Beliau (Imam Bukhori) pernah berkata “aku Hafal 100.000 hadist Sahih, dan aku hafal 200.000 yang bukan sahih”.


Di riwayatkan juga bahwa Al Imam Bukhori sangat sedikit makan, sangat baik kepada para pencari ilmu, dan sangat sangat dermawan.


Beliau juga selalu menghatamkan AlQuran setiap 3malam satukali.


Dan beliau selalu menghatamkan Alquran 1kali setiap siang.


Beliau sangat ahli dalam banyak bidang ilmu agama.


Beliau juga banyak mengarang kitab kitab Hadist.


Beliau berkata :” aku tidak pernah menulis satu hadist dalam kitab Assahih kecuali aku sudah mandi, dan sudah solat dua roka’at”


Beliau juga pernah berkata :” aku susun kitab Al-Jami’ dari 600.000 hadist, dalam 16 tahun. Dan aku jadikan ia (kitab Aljami’) sebagai hujjah antaraku dan Allah SWT.


Di riwayatkan Al Imam Abi zaid al marwazi bercerita:”aku pernah tertidur di antara rukun dan maqom ibrahim (di dalam masjidil haram), lalu aku melihat Rasulullah SAW (dalam tidur itu) beliau berkata padaku “wahai abu zaid, sampai kapan kau belajar kitab imam syafi’i, dan tidak mempelajari kitabku?”


Aku bertanya kepada Rasulullah SAW “ ya Rasulullah SAW apa itu kitabmu?”


Beliau menjawab :”Jami’(kitab karangan) Al Imam Muhammad bin isma’il albukhori.


Di riwayatkan dalam kita siyar ‘alam annubala ketika beliau sakit hampir wafat beliau berkata “ kafankan aku dalam 3 lembar kain, tanpa gamis dan imamah”


Ketika jasad mulia beliau di letakan di kubur terciumlah wangi harum seperti misik, berhari hari.


Yahya bin ja’far berkata “seandainya aku mampu menambah umur Imam Bukhori dari umurku, pasti aku lakukan. Karna kematianku hanyalah kematian satu orang, sedangkan kewafatan beliau adalah kepergihan ilmu”


Rasulullah SAW pernah berdoa “ ya Allah sayangilah kholifah kholifahku”

“Siapa kholifahmu?” Tanya sahabat, rasulullah SAW menjawab “mereka adalah orang orang yang datang setelahku, meriwayatkan hadist hadistku, dan sunnah sunnahku” riwayat imam Tobaroni.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DAKWAH BANJAR | هذا من فضل ربي